Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Posisi Duduk dan Nyetir Jangan Terlalu Nyaman, Justru Berbahaya

Kompas.com - 23/07/2021, 19:11 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Sejumlah pengendara biasanya mengatur posisi duduk yang nyaman dengan tujuan agar betah menyetir lama-lama. Padahal di balik posisi yang rileks dan nyaman, ada bahaya yang bisa mengancam.

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), mengatakan, banyak orang salah persepsi soal posisi duduk saat menyetir.

“Banyak sekali orang yang salah dalam menerapkan posisi duduk, ada yang bilang rileks, santai, dan lain-lain. Padahal posisi duduk yang baik adalah posisi sempurna, bukan menyender jauh ke belakang,” ujar Sony, kepada Kompas.com (22/7/2021).

Baca juga: Mengapa Banyak Konsumen Kijang Innova yang Upgrade Bodi

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh otorally indonesia (@otorally)

Sony mengatakan, posisi duduk yang baik adalah agak maju mendekat dengan setir. Posisi siku membentuk sudut 45 derajat. Sementara kaki tidak sepenuhnya lurus, tapi agak menekuk sedikit.

Posisi duduk yang sempurna, artinya siap dalam melakukan tindakan antisipasi saat bereaksi emergency. Karena kita tidak tahu kapan menerima kondsi emergency, jadi harus siap dan berpikir jauh ke depan setiap detiknya,” ucap Sony.

Sementara itu, berkaitan dengan ritme berisitirahat yang lebih cepat saat duduk dalam kondisi sempurna, dibandingkan dengan posisi rileks. Menurut Sony, hal tersebut wajar.

Baca juga: Pabrikan Jepang Terancam Kehilangan Pasar di Thailand dan Indonesia

Ilustrasi berkendara saat ngantuk dan lelahhuffingtonpost.com Ilustrasi berkendara saat ngantuk dan lelah

“Saat duduk sempurna posisi otot, tulang dan aliran darah sudah tertata. Sehingga ketika saatnya tiba, setelah 2-3 jam berkendara, tubuh akan memberi tanda lelah atau pegal-pegal,” kata Sony.

“Jangan perbaiki posisi duduknya, tapi segera cari tempat istirahat. Banyak sekali yang salah persepsi, menyetel posisi duduk yang nyaman supaya bisa nyetir berjam-jam, itu berbahaya,” tuturnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com