Posisi Duduk dan Nyetir Jangan Terlalu Nyaman, Justru Berbahaya

Kompas.com - 23/07/2021, 19:11 WIB
Ilustrasi menyetir mobil travelers.comIlustrasi menyetir mobil
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Sejumlah pengendara biasanya mengatur posisi duduk yang nyaman dengan tujuan agar betah menyetir lama-lama. Padahal di balik posisi yang rileks dan nyaman, ada bahaya yang bisa mengancam.

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), mengatakan, banyak orang salah persepsi soal posisi duduk saat menyetir.

“Banyak sekali orang yang salah dalam menerapkan posisi duduk, ada yang bilang rileks, santai, dan lain-lain. Padahal posisi duduk yang baik adalah posisi sempurna, bukan menyender jauh ke belakang,” ujar Sony, kepada Kompas.com (22/7/2021).

Baca juga: Mengapa Banyak Konsumen Kijang Innova yang Upgrade Bodi

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh otorally indonesia (@otorally)

Sony mengatakan, posisi duduk yang baik adalah agak maju mendekat dengan setir. Posisi siku membentuk sudut 45 derajat. Sementara kaki tidak sepenuhnya lurus, tapi agak menekuk sedikit.

Posisi duduk yang sempurna, artinya siap dalam melakukan tindakan antisipasi saat bereaksi emergency. Karena kita tidak tahu kapan menerima kondsi emergency, jadi harus siap dan berpikir jauh ke depan setiap detiknya,” ucap Sony.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara itu, berkaitan dengan ritme berisitirahat yang lebih cepat saat duduk dalam kondisi sempurna, dibandingkan dengan posisi rileks. Menurut Sony, hal tersebut wajar.

Baca juga: Pabrikan Jepang Terancam Kehilangan Pasar di Thailand dan Indonesia

Ilustrasi berkendara saat ngantuk dan lelahhuffingtonpost.com Ilustrasi berkendara saat ngantuk dan lelah

“Saat duduk sempurna posisi otot, tulang dan aliran darah sudah tertata. Sehingga ketika saatnya tiba, setelah 2-3 jam berkendara, tubuh akan memberi tanda lelah atau pegal-pegal,” kata Sony.

“Jangan perbaiki posisi duduknya, tapi segera cari tempat istirahat. Banyak sekali yang salah persepsi, menyetel posisi duduk yang nyaman supaya bisa nyetir berjam-jam, itu berbahaya,” tuturnya.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.