Belum Banyak yang Tahu, Ini Ragam Tipe Rest Area di Jalan Tol

Kompas.com - 23/07/2021, 18:51 WIB
Suasana di Resta Pendopo yang berada di Tol Semarang-Solo KM456 KOMPAS.com/Dian Ade PermanaSuasana di Resta Pendopo yang berada di Tol Semarang-Solo KM456

JAKARTA, KOMPAS.com - Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) atau umum disebut dengan rest area adalah salah satu fasilitas yang wajib ada dalam sebuah jalan tol.

Sesuai namanya, rest area difungsikan sebagai tempat istirahat bagi pengguna jalan tol. Tidak hanya untuk istirahat manusia saja, fasilitas ini juga menjadi lahan untuk mengistirahatkan kendaraan.

Sebab, kendaraan yang baru menempuh perjalanan jauh lintas daerah perlu diistirahatkan agar tidak mudah mengalami kerusakan.

Apabila diperhatikan lebih seksama, tiap rest area yang dibangun oleh pengelola jalan tol memiliki luas lahan yang tidak sama. Fasilitasnya pun bisa berbeda-beda antar rest area.

Baca juga: Razia di Terminal Bayangan Terboyo Semarang, 6 Bus Diamankan

Ilustrasi papan penunjuk arah ke rest area.Dok. Otomotif Group Ilustrasi papan penunjuk arah ke rest area.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bahkan di beberapa rest area ditemukan tempat rekreasi layaknya sebuah atraksi wisata yang bisa digunakan pengguna jalan tol.

Dapat dikatakan, ada beberapa jenis rest area yang dibedakan berdasarkan tingkat kelengkapan sarana prasarana yang ada di dalamnya.

Lebih detail, pada Peraturan Menteri PUPR Nomor 10 Tahun 2018 tentang Tempat Istirahat dan Pelayanan pada Jalan Tol disebutkan mengenai pengelompokan tipe rest area tersebut. Rest area dalam tol dikelompokkan ke dalam 3 tipe, yakni tipe A, tipe B, dan tipe C.

Untuk tipe A, fasilitas umum yang wajib ada meliputi Pusat ATM dengan fasilitas isi ulang saldo kartu tol, toilet, klinik kesehatan, bengkel, warung atau kios, minimarket, mushola, SPBU, restoran, ruang terbuka hijau, dan sarana tempat parkir.

Baca juga: Ini Tarif Bus AKAP Pandawa 87 yang Beroperasi Mulai 25 Juli 2021

PT Hutama Karya (Persero) menyiapkan 13 fasilitas rest area TIP di ruas Bakauheni-Terbanggi Besar dan ruas Terbanggi BEsar-Kayu Agung, serta 7 tempat istirahat sementara di ruas Palembang-Indralaya dan Medan-Binjai untuk mudik Natal (2019) dan Tahun Baru (2020).Dokumentasi Hutama Karya PT Hutama Karya (Persero) menyiapkan 13 fasilitas rest area TIP di ruas Bakauheni-Terbanggi Besar dan ruas Terbanggi BEsar-Kayu Agung, serta 7 tempat istirahat sementara di ruas Palembang-Indralaya dan Medan-Binjai untuk mudik Natal (2019) dan Tahun Baru (2020).

Lantas pada rest area tipe B, fasilitas yang wajib ada lebih sedikit dari rest area tipe A. Fasilitas tersebut yakni ATM yang bisa isi ulang saldo kartu tol, toilet, warung atau kios, minimarket, mushola, restoran, ruang terbuka hijau, serta lahan parkir.

Yang terakhir adalah rest area tipe C. Fasilitas yang disediakan jadi yang paling sedikit dibanding rest area tipe lainnya, yaitu toilet, warung atau kios, mushola, dan lahan parkir yang sifatnya sementara.

Selain itu, perlu jadi catatan bahwa rest area tipe C tidak setiap hari dioperasikan. Rest area ini hanya bisa digunakan pada masa libur panjang, libur Hari Raya Lebaran, Hari Raya Natal, dan libur tahun baru.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.