Pentingnya Jaga Jarak Aman dan Kecepatan di Jalan Tol

Kompas.com - 22/07/2021, 17:41 WIB
Jalan Tol Jasa Marga Group Jasa Marga Jalan Tol Jasa Marga Group

JAKARTA, KOMPAS.comJalan tol merupakan tempat di mana banyak kendaraan berkecepatan tinggi. Jaga jarak aman dan kecepatan merupakan hal penting yang harus dilakukan di jalan tol.

Sebuah video yang diunggah akun Dashcam Indonesia memperlihatkan betapa pentingnya jaga jarak aman.

Pada video tersebut, terlihat ada seseorang yang berbaring di tengah jalan tol, beruntung mobil melihatnya dan bisa menghindari orang tersebut.

Menanggapi video tersebut, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, cara berkendara dengan jaga jarak aman dan kecepatan mampu meminimalisir kecelakaan.

Baca juga: SIM Mati Saat PPKM Darurat, Mulai Hari Ini Ada Dispensasi

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dashcam Indonesia (@dashcamindonesia)

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

“Dengan melakukan dua hal tadi, pengemudi mampu melihat ke depan dengan jelas. Sehingga bisa mengidentifikasi obyek yang ada di depan berbahaya atau tidak, mampu memprediksi dan menentukan langkah aman untuk menghindar,” ucap Sony kepada Kompas.com, Rabu (21/7/2021).

Baca juga: Sudah Tahu Bahaya Menggantung Parfum Mobil di Spion Tengah

Oleh karena itu, pentingnya menjaga jarak dan kecepatan agar bisa melakukan manuver yang aman di jalan tol. Kemudian jika melihat obyek seperti orang yang ada di jalan tol, harus ekstra hati-hati karena mereka bisa bergerak tiba-tiba.

“Jadi segera kurangi kecepatan, lihat sion, dan berpindah lajur untuk mengindar. Jangan sampai manuver yang dilakukan mengganggu arus lalu lintas di jalan tol,” kata Sony.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X