Toyota, Suzuki, dan Daihatsu Kerja Sama Bikin Mobil Listrik Komersial

Kompas.com - 22/07/2021, 08:02 WIB
Daihatsu HyFun melantai di GIIAS 2019 Stanly Ravel/Kompas.comDaihatsu HyFun melantai di GIIAS 2019

JAKARTA, KOMPAS.com – Persaingan sejumlah merek di industri otomotif sangat dinamis. Jika sebelumnya beberapa merek merupakan rival, namun demi pengembangan mobil listrik membuatnya harus beraliansi.

Seperti Suzuki Motor Corp dan Daihatsu yang bergabung dengan koalisi kendaraan listrik komersial yang dipimpin oleh Toyota Motor Corp.

Dilansir dari Reuters (21/7/2021), kerja sama ini membantu aliansi tiga merek Jepang untuk memperluas fokusnya dari truk ke mobil yang lebih kecil.

Baca juga: Sudah Tahu Bahaya Menggantung Parfum Mobil di Spion Tengah

Suzuki dan Daihatsu dilaporkan bakal mengakuisisi 10 persen saham dalam usaha patungan, setara dengan Isuzu Motors dan Hino Motors. Sementara Toyota akan memegang 60 persen saham.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Dengan Suzuki dan Daihatsu bergabung dalam proyek ini dan bekerja sama, kami akan dapat memperluas lingkaran kerja sama kami tidak hanya mencakup kendaraan komersial tetapi juga kendaraan mini,” kata Presiden Toyota Akio Toyoda, dikutip dari Reuters.

"Dengan ekspansi ini, saya percaya bahwa kita akan dapat mengambil satu langkah lebih dekat ke masyarakat dengan mobilitas yang lebih baik," ujar Toyoda.

Baca juga: Berapa Harga Spion Toyota Fortuner Milik Ussy Sulistiawaty yang Dicuri?

Konsep mobil listrik Suzuki e-Survivorwww.autoevolution.com Konsep mobil listrik Suzuki e-Survivor

Aliansi antar merek demi pengembangan mobil listrik memang sudah lazim akhir-akhir ini. Apalagi persaingan dari perusahaan teknologi semakin ketat demi membuat mobil listrik, hingga mobil tanpa pengemudi.

Untuk diketahui, Toyota, Isuzu, dan Hino meluncurkan Commercial Japan Partnership Technologies Corporation pada bulan April untuk meningkatkan keunggulan kompetitif mereka dalam kendaraan komersial yang saling terhubung.

Sementara itu, Presiden Daihatsu Soichiro Okudaira, mengatakan, aliansi ini bertujuan untuk meluncurkan kendaraan komersial mini yang saling terhubung.

Terlebih, sebuah aliansi memungkinkan untuk saling berbagi data, dan memberikan layanan yang lebih baik kepada pelanggan, serta meningkatkan efisiensi logistik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.