Komparasi Eksterior Gran Max Blind Van dan DFSK Gelora Blind Van

Kompas.com - 22/07/2021, 16:01 WIB
gran max blind van mitula.netgran max blind van

JAKARTA, KOMPAS.com – Kendaraan seperti blind van sangat diminati para pengusaha untuk mengantarkan barang. Bisa dibilang, blind van memiliki fungsi seperti pikap, namun barang yang dibawa terlindung dari cuaca panas maupun hujan.

Salah satu produk blind van yang cukup laris di pasaran adalah Daihatsu Gran max. Namun sejak awal 2020, Gran Max punya pesaing baru dari merek DFSK, yaitu Gelora blind van.

Kali ini Kompas.com akan membandingkan kedua blind van ini dari sisi eksterior. Seberapa besar dimensinya dan bagaimana desain dari Gran Max dan Gelora blind van ini.

Baca juga: Respons Jasa Marga soal Orang yang Berbaring di Tengah Jalan Tol

DFSK Gelora Blind VanDFSK DFSK Gelora Blind Van

Untuk Gran Max blind van, memiliki dimensi panjang 4.405 mm, lebar 1.665 mm, dan tinggi 1.900 mm. Sedangkan Gelora, punya dimensi panjang 4.500 mm, lebar 1.680 mm dan tinggi 2.000 mm, sedikit lebih besar dibanding Gran Max.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Secara desain eksterior, Gran Max memang memiliki tampang yang familiar serta desain yang membulat, mengingat produk ini sudah hadir sejak tahun 2007. Sedangkan Gelora, punya desain eksterior yang lebih mengotak.

Membahas bagian depan dari dua kendaraan ini, memiliki model semi bonnet yang berisi tempat air wiper, radiator, serta booster rem. Sedangkan untuk mesin, keduanya menempatkan mesinnya di bawah bangku penumpang depan.

Baca juga: Dovi Ngebet Balapan Lagi, tapi Tergantung Vinales dan Rossi

Untuk desainnya, bentuk lampu depan Gran Max horizontal sedangkan Gelora vertikal. Sistem pencahayaannya, keduanya masih memakai model bohlam, belum LED.

Masih di bagian depan, bumper Gelora dicat sewarna bodi, sedangkan Gran Max masih memakai warna hitam. Selain itu, Gelora juga sudah dilengkapi dengan lampu kabut, kalau Gran Max bumpernya masih polos.

Membahas bagian samping, terlihat jelas kalau Gelora terlihat lebih mengotak. Selain itu, untuk ukuran pelek, Gelora lebih besar daripada Gran Max, yakni 14 inci, walaupun keduanya tetap memakai model pelek kaleng.

DFSK Gelora blind vanDFSKMOTORS.CO.ID DFSK Gelora blind van

Untuk pintu belakang, mengingat fungsinya untuk membawa barang, keduanya menggunakan model sliding. Model ini juga sangat memudahkan orang untuk menaruh dan mengambil barang dari kabin belakang.

Beralih ke bagian belakang, soal desain memang kembali lagi ke selera masing-masing. Gelora punya lampu belakang yang cukup tinggi karena adanya tambahan reflektor. Selain itu, bagian bumper juga dicat sewarna bodi.

Sedangkan Gran Max, juga mempunyai desain belakang yang membulat. Bagian bumper juga sama dengan bagian depan, masih berwarna hitam. Soal lampu, kedua kendaraan ini masih memakai bohlam biasa.

Untuk harganya, Daihatsu Gran Max blind van 1.300 cc dibanderol Rp 160,85 juta OTR Jakarta. Sedangkan DFSK Gelora blind van, dibanderol Rp 169 juta OTR Jakarta, sedikit lebih mahal dari Gran Max.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.