Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Komparasi Eksterior Gran Max Blind Van dan DFSK Gelora Blind Van

JAKARTA, KOMPAS.com – Kendaraan seperti blind van sangat diminati para pengusaha untuk mengantarkan barang. Bisa dibilang, blind van memiliki fungsi seperti pikap, namun barang yang dibawa terlindung dari cuaca panas maupun hujan.

Salah satu produk blind van yang cukup laris di pasaran adalah Daihatsu Gran max. Namun sejak awal 2020, Gran Max punya pesaing baru dari merek DFSK, yaitu Gelora blind van.

Kali ini Kompas.com akan membandingkan kedua blind van ini dari sisi eksterior. Seberapa besar dimensinya dan bagaimana desain dari Gran Max dan Gelora blind van ini.

Untuk Gran Max blind van, memiliki dimensi panjang 4.405 mm, lebar 1.665 mm, dan tinggi 1.900 mm. Sedangkan Gelora, punya dimensi panjang 4.500 mm, lebar 1.680 mm dan tinggi 2.000 mm, sedikit lebih besar dibanding Gran Max.

Secara desain eksterior, Gran Max memang memiliki tampang yang familiar serta desain yang membulat, mengingat produk ini sudah hadir sejak tahun 2007. Sedangkan Gelora, punya desain eksterior yang lebih mengotak.

Membahas bagian depan dari dua kendaraan ini, memiliki model semi bonnet yang berisi tempat air wiper, radiator, serta booster rem. Sedangkan untuk mesin, keduanya menempatkan mesinnya di bawah bangku penumpang depan.

Untuk desainnya, bentuk lampu depan Gran Max horizontal sedangkan Gelora vertikal. Sistem pencahayaannya, keduanya masih memakai model bohlam, belum LED.

Masih di bagian depan, bumper Gelora dicat sewarna bodi, sedangkan Gran Max masih memakai warna hitam. Selain itu, Gelora juga sudah dilengkapi dengan lampu kabut, kalau Gran Max bumpernya masih polos.

Membahas bagian samping, terlihat jelas kalau Gelora terlihat lebih mengotak. Selain itu, untuk ukuran pelek, Gelora lebih besar daripada Gran Max, yakni 14 inci, walaupun keduanya tetap memakai model pelek kaleng.

Untuk pintu belakang, mengingat fungsinya untuk membawa barang, keduanya menggunakan model sliding. Model ini juga sangat memudahkan orang untuk menaruh dan mengambil barang dari kabin belakang.

Beralih ke bagian belakang, soal desain memang kembali lagi ke selera masing-masing. Gelora punya lampu belakang yang cukup tinggi karena adanya tambahan reflektor. Selain itu, bagian bumper juga dicat sewarna bodi.

Sedangkan Gran Max, juga mempunyai desain belakang yang membulat. Bagian bumper juga sama dengan bagian depan, masih berwarna hitam. Soal lampu, kedua kendaraan ini masih memakai bohlam biasa.

Untuk harganya, Daihatsu Gran Max blind van 1.300 cc dibanderol Rp 160,85 juta OTR Jakarta. Sedangkan DFSK Gelora blind van, dibanderol Rp 169 juta OTR Jakarta, sedikit lebih mahal dari Gran Max.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/07/22/160100015/komparasi-eksterior-gran-max-blind-van-dan-dfsk-gelora-blind-van

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke