Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Respons Jasa Marga soal Orang yang Berbaring di Tengah Jalan Tol

Kompas.com - 22/07/2021, 07:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Belum lama ini beredar video terkait keselamatan jalan di akun Instagram Dashcam Indonesia. Pada video tersebut, terlihat seseorang yang berbaring di tengah lajur Tol Jakarta-Cikampek.

Berdasarkan keterangan resmi dari Jasamarga Tollroad Regional Division (JTTRD), kejadian tersebut terjadi pada hari Senin (19/7/2021) pukul 08.23 WIB. Orang tersebut pun berbaring di Km 4 lajur 3 ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta.

Petugas Keamanan dan Ketertiban (Kamtib) Jasa Marga segera melakukan penelusuran menuju lokasi kejadian. Namun, setelah tiba di lokasi, petugas tidak dapat menemukan orang tersebut sesuai laporan yang telah disampaikan.

Baca juga: Pernah Berseteru, Rossi dan Marquez Sepakat pada Hal Ini

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dashcam Indonesia (@dashcamindonesia)

 

Kemudian, petugas melakukan observasi di sekitar lokasi kejadian dan dilaporkan bahwa tidak ditemukan tanda-tanda bekas kejadian kecelakaan atau hal lainnya (nihil kejadian).

Berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 38 Tahun 2004 tentang Jalan pada Pasal 56 disebutkan bahwa setiap orang dilarang memasuki jalan tol, kecuali pengguna jalan tol dan petugas jalan tol.

Petugas Jasa Marga akan selalu memantau kondisi lalu lintas dan memastikan tidak terdapat gangguan di wilayah jalan tol. Jika ditemukan orang atau barang yang berada di lajur dan membahayakan pengguna jalan, petugas akan segera melakukan tindakan pengamanan.

Baca juga: Bus Kaca Tunggal Semakin Digemari, Apakah Jadi Tren Lagi

Jasa Marga memohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan, diimbau kepada pengguna jalan agar tetap mematuhi peraturan dan rambu-rambu lalu lintas selama berkendara.

Informasi lalu lintas jalan tol Jasa Marga Group dapat diakses melalui One Call Center 24 jam di nomor 14080 dan aplikasi Travoy 3.0 untuk pengguna iOS dan Android.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com