Rapor Mobil Murah pada Semester I/2021, Berhasil Naik 26,2 Persen

Kompas.com - 19/07/2021, 08:22 WIB
Daihatsu Ayla, Honda Brio, dan Toyota Agya adalah para pemain di segmen LCGC GRIDOTO.com/RIANTO PRASETYODaihatsu Ayla, Honda Brio, dan Toyota Agya adalah para pemain di segmen LCGC

JAKARTA, KOMPAS.com - Industri kendaraan bermotor beroda empat dan lebih di dalam negeri nampak tengah memasuki tahap pemulihan usai terdampak pandemi Covid-19 setahun belakangan.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), sepanjang enam bulan pertama tahun ini, penjualan mobil dari pabrik ke diler alias wholesales naik 50,79 persen dibanding tahun lalu.

Sementara untuk ekspor mobil secara utuh atau completely built-up (CBU) di periode sama tumbuh 39,8 persen jadi 146.985 unit, serta ekspor secara terurai (completely knocked down/CKD) melesat 135 persen.

Baca juga: Perbedaan Mencolok Toyota Raize GR Sport dengan yang Tipe Biasa

Ilustrasi jajaran produksi Daihatsu di segmen LCGC (Low Cost Green Car) atau mobil murah.DOK. ASTRA DAIHATSU MOTOR Ilustrasi jajaran produksi Daihatsu di segmen LCGC (Low Cost Green Car) atau mobil murah.

Sekertaris Umum Gaikindo Kukuh Kumara mengatakan, capaian itu tak lepas dari hasil dukungan pemerintah dalam memberi perhatian lebih pada sektor otomotif melalui penyerahan beragam insentif.

Satu diantaranya ialah pembebasan pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) untuk mobil 1.500 cc tertentu hingga Agustus 2021.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lantas bagaimana dengan pasar low cost green car (LCGC)?

Sebagaimana diketahui, LCGC merupakan salah satu segmen utama dalam industri mobil di dalam negeri. Kontribusinya begitu besar dan konsisten yaitu di level 18-23 persen tiap tahun.

"LCGC masih besar meski pada Maret 2021 permintaan mobil 1.500 cc ke bawah begitu melonjak karena ada insentif PPnBM. Tapi saya rasa, segmen ini tetap jadi salah satu yang utama," katanya kepada Kompas.com, Sabtu (17/7/2021).

Benar saja, dalam periode Januari-Juni 2021 pasar LCGC di dalam negeri berhasil naik 26,2 persen dibandingkan periode sama tahun sebelumnya, menjadi 74.219 unit.

Baca juga: Daftar Mobil yang Dapat Perpanjangan Diskon PPnBM 0 Persen sampai Agustus 2021

Daftar penjualan LCGC di semester I/2021KOMPAS.com/Ruly Daftar penjualan LCGC di semester I/2021
 

Tapi bila melihat lebih rinci, memang ada sedikit penurunan penjualan di masing-masing model selama April-Mei 2021 karena ada peralihan preferensi belanja mobil baru seiring pemberian insentif PPnBM.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X