Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbedaan Mencolok Toyota Raize GR Sport dengan yang Tipe Biasa

Kompas.com - 18/07/2021, 18:01 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi menghadirkan dan memasarkan Raize tipe GR Sport lebih cepat dari yang dijadwalkan ke pasar dalam negeri.

Sport utility vehicle (SUV) kompak tersebut hadir sebagai pelengkap varian 1.0 Turbo yang meluncur lebih dahulu pada April 2021. Maka, secara umum mobil dipasarkan dalam empat varian tipe dengan dua pilihan mesin.

Bila melihat secara rinci, ternyata Raize tipe GR Sport dengan tipe G memiliki selisih harga yang cukup jauh yakni mencapai Rp 12 jutaan. Lantas, dari perbedaan tersebut, apa saja keistimewaannya?

Baca juga: 8 Cara Pilih Motor yang Tepat, Salah Satunya Kualitas Cat

Toyota Raize GR. Varian teratas SUV Kompak dengan fitur keselamatan lengkap Toyota Safety SenseKompas.com/Setyo Adi Toyota Raize GR. Varian teratas SUV Kompak dengan fitur keselamatan lengkap Toyota Safety Sense

Direktur Pemasaran TAM Antom Jimmi Suwandy mengatakan, khusus pada tipe GR Sport, mobil lebih mendapat sentuhan kosmetik sporty, baik pada sisi eksterior maupun interiornya.

Secara rinci, pada bagian eksterior mobil sudah dibenamkan lampu Daytime Running Light (DRL) dan LED pada seinnya. Kemudian ban mobil sudah di cat hitam, sementara tipe G masih silver.

Adapun untuk bentuk bemper, model pelek, tarikan garis eksterior. sampai bagian belakangnya tak jauh berbeda. Bahkan dimensi mobil tetap serupa yakni panjang 4.030 mm, lebar 1.710 mm, tinggi 1.635 mm.

Masuk ke bagian interior, perbedaan semakin terasa. Pada Raize GR Sport joknya sudah dilapisi material kombinasi fabric dan kulit berwarna hitam. Lingkar kemudinya juga sudah dibalut bahan kulit.

Kemudian guna menambah sensasi berkendara, pada varian ini juga sudah disematkan paddle shift di belakang setir. Tak sampai di sana, ada pula Power Mode Switch agar mesin lebih agresif saat dipacu.

Baca juga: Dishub Surabaya Berlakukan Pembayaran Parkir Non-Tunai, Ini Lokasinya

Toyota Raize saat menjajal fitur Hill Start AssistAzwar F/Kompas.com Toyota Raize saat menjajal fitur Hill Start Assist

Sementara dari sisi tampilan panel instrument, baik tipe 1.0 Turbo G atau GR sport sama-sama sudah menggunakan monitor TFT 7 inci. Kemudian sudah ada juga tombol Start/Stop Engine, serta AC digital.

Bedanya, pada varian 1.0 Turbo GR Sport dan GR Sport TSS ada tambahan fitur Auto Adaptive Headlight. Fitur ini akan membuat sorotan lampu utama menyesuaikan tingkat pancaran cahayanya sesuai dengan kebutuhan pengemudi.

Bicara fitur keamanan, Raize GR Sport lebih lengkap dengan hadirnya Toyota Safety Sense (TSS) yang meliputi Pre Colision System, Adaptive Cruise Control, Front Departure Alert, Lade Departure Assist, Pedal Misoperation Control, Rear Traffic Alert, dan Blind Spot Monitoring.

Baca juga: Bus Single Glass Tren Lagi, Apa Kelebihannya?

Toyota Raize 1.2LTAM Toyota Raize 1.2L

Kemudian untuk tipe GR Sport TSS juga memiliki 6 airbags yang posisinya ada di sisi pengemudi, penumpang depan, side airbags, serta curtain airbag.

Sementara untuk Raize tipe lain airbags cuma ada dua, yaitu di pengemudi dan penumpang depan.

Meski demikian, varian Raize terbawah sudah disematkan fitur ABS, Vehicle Stability Control, Hill Start Assist, Alarm and Immobilizer, Rear Parking Sensor, dan Rear Camera.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com