Toyota dan Panasonic Siap Produksi Baterai Mobil Listrik Murah

Kompas.com - 19/07/2021, 07:22 WIB
Toyota dan Panasonic kerja sama dirikan pabrik baterai. electrek.coToyota dan Panasonic kerja sama dirikan pabrik baterai.

JAKARTA, KOMPAS.com – Perusahaan patungan antara Toyota dan Panasonic, yakni Prime Planet Energy & Solutions (PPES) berdiri tidak hanya untuk memenuhi suplai baterai bagi mobil listrik berbasis baterai atau battery electric vehicle (BEV).

Dilansir dari laman Inside EV’s, PPES siap memproduksi baterai mobil listrik murah, dengan harga 50 persen lebih terjangkau pada 2022.

Apalagi saat ini, 60 persen harga BEV merupakan biaya baterai lithium-ion dan sumber daya terkait seperti lithium dan kobalt.

Baca juga: Kecelakaan Fatal, Mantan Bos Jeep Indonesia Tuntut Prinsipal Fiat Chrysler

Pabrik baterai Panasonicpanasonic.com Pabrik baterai Panasonic

Sementara 40 persen sisanya merupakan biaya pengembangan, produksi, dan investasi mobil listrik itu sendiri.

Selain itu, rencana ini juga dilakukan untuk menyalip produksi baterai dari pesaing China dan Korea Selatan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Seperti diketahui, PPES merupakan perusahaan Jepang yang dipimpin Hiroaki Koda, mantan eksekutif di Toyota.

Baca juga: Bus Single Glass Tren Lagi, Apa Kelebihannya?

Lexus Safety System+ memiliki 4 fitur utama, yakni pre-collision system (PCS), dynamic radar cruise control (DRCC), lane departure alert (LDA), dan adaptive high beam system (AHS).DOK. LEXUS INDONESIA Lexus Safety System+ memiliki 4 fitur utama, yakni pre-collision system (PCS), dynamic radar cruise control (DRCC), lane departure alert (LDA), dan adaptive high beam system (AHS).

PPES bakal bekerja keras untuk meningkatkan kinerja, sebab harga yang murah diperlukan agar mobil listrik dapat disebar luaskan.

Untuk tahun ini, produksi baterai lithium-ion dari pabrik di Himeji, Jepang, ditargetkan bisa memenuhi kebutuhan 80.000 BEV per tahun.

Adapun untuk memenuhi kebutuhan hybrid electric vehicle (HEV), perusahaan telah melakukan investasi dengan mendirikan pabrik di Dalian, China, dengan target 400.000 HEV setahun.

Baca juga: Cek Harga Yamaha Nmax Seken, Banyak Diburu Orang

Sasis, baterai, motor listrik pada mobil listrik murni (BEV) Toyota, Lexus UX 300e.Toyota Sasis, baterai, motor listrik pada mobil listrik murni (BEV) Toyota, Lexus UX 300e.

Rencananya, dalam waktu dekat akan ada tambahan produksi bagi 500.000 HEV pada 2022 dari pabrik di pulau Shikoku, Jepang.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.