Mobil Matik Parkir Lama, Posisi Transmisi Harusnya di N atau P?

Kompas.com - 06/07/2021, 17:01 WIB
Tuas transmisi mobil matik Tuas transmisi mobil matik

JAKARTA, KOMPAS.com - Di tengah kondisi pandemi Covid-19 dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, tentu membuat kendaraan roda empat lebih banyak terparkir di garasi.

Bagi para pemilik mobil dengan transmisi otomatis tentunya harus paham posisi tuas transmisi ketika mobil lama berada di parkiran.

Selama ini masih banyak pemilik mobil yang lebih memilih meletakkan posisi tuas transmisi pada N (netral) dan menggunakan handbrake agar ban bisa tertahan, dari pada posisi P (parking).

Baca juga: Apa Beda Helm Supermoto dan Motocross?

Padahal, saat mobil matik lama tidak dipakai lebih disarankan untuk memposisikan tuas transmisi pada P. Cara tersebut dinilai lebih aman dibandingkan dengan meletakkannya pada posisi N.

“Baik lama maupun sebentar, baiknya di P kalau berhenti tujuan parkir. Sedangkan N bukan untuk tujuan parkir, tetapi saat berhenti dengan kondisi mesin masih hidup,” ujar Dealer Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor (TAM), Didi Ahadi, Senin (5/7/2021).

Tombol pengunci atau release button di tuas transmisi matik Tombol pengunci atau release button di tuas transmisi matik

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Misalkan, saat mobil berhenti di lampu merah atau berhenti dalam waktu sebentar dengan alasan tertentu.

Didi menambahkan, jika pemilik mobil memposisikan tuas transmisi di N dan mengandalkan rem tangan saat parkir bisa saja kinerja handbrake menjadi terganggu.

Baca juga: Wajib Tahu, Ini Alasan Kenapa Dilarang BAB di Toilet Bus

“Transmisi di posisi P ini sama seperti memasukan gigi pada mobil bertransmisi manual, gunanya untuk mendukung rem tangan yang kinerjanya bisa saja terganggu. Jadi, saat parkir mobil matik harus memposisikan tranmsisi di P,” kata dia.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.