Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Matik Parkir Lama, Posisi Transmisi Harusnya di N atau P?

Kompas.com - 06/07/2021, 17:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Di tengah kondisi pandemi Covid-19 dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, tentu membuat kendaraan roda empat lebih banyak terparkir di garasi.

Bagi para pemilik mobil dengan transmisi otomatis tentunya harus paham posisi tuas transmisi ketika mobil lama berada di parkiran.

Selama ini masih banyak pemilik mobil yang lebih memilih meletakkan posisi tuas transmisi pada N (netral) dan menggunakan handbrake agar ban bisa tertahan, dari pada posisi P (parking).

Baca juga: Apa Beda Helm Supermoto dan Motocross?

Padahal, saat mobil matik lama tidak dipakai lebih disarankan untuk memposisikan tuas transmisi pada P. Cara tersebut dinilai lebih aman dibandingkan dengan meletakkannya pada posisi N.

“Baik lama maupun sebentar, baiknya di P kalau berhenti tujuan parkir. Sedangkan N bukan untuk tujuan parkir, tetapi saat berhenti dengan kondisi mesin masih hidup,” ujar Dealer Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor (TAM), Didi Ahadi, Senin (5/7/2021).

Tombol pengunci atau release button di tuas transmisi matik Tombol pengunci atau release button di tuas transmisi matik

Misalkan, saat mobil berhenti di lampu merah atau berhenti dalam waktu sebentar dengan alasan tertentu.

Didi menambahkan, jika pemilik mobil memposisikan tuas transmisi di N dan mengandalkan rem tangan saat parkir bisa saja kinerja handbrake menjadi terganggu.

Baca juga: Wajib Tahu, Ini Alasan Kenapa Dilarang BAB di Toilet Bus

“Transmisi di posisi P ini sama seperti memasukan gigi pada mobil bertransmisi manual, gunanya untuk mendukung rem tangan yang kinerjanya bisa saja terganggu. Jadi, saat parkir mobil matik harus memposisikan tranmsisi di P,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com