PPKM Darurat Berlaku, Bagaimana Nasib Industri Sepeda Motor

Kompas.com - 02/07/2021, 09:02 WIB
Penjualan Honda Jawa Barat di 2016 dok. DAMPenjualan Honda Jawa Barat di 2016


JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah resmi menerapkan aturan pembatasan yang lebih ketat untuk menekan laju tingginya kasus Covid-19 di Indonesia, sebulan terakhir.

Aturan mengenai Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM darurat tersebut berlaku untuk pulau Jawa dan Bali, mulai 3-20 Juli 2021.

Ketua Bidang Niaga Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) Sigit Kumala, mengatakan, dari sisi pelaku industri sepeda motor tidak kaget ada pemberlakuan PPKM darurat.

Baca juga: Modifikasi BMW G310R, Ringkas dan Padat

Proses perakitan dan kontrol kualitas sama dengan pabrik Yamaha di Iwata, Jepang.Youtube-Yamaha Motor Official Channel Proses perakitan dan kontrol kualitas sama dengan pabrik Yamaha di Iwata, Jepang.

"Kalau buat industri kita melihat sudah pernah mengalami ini tahun lalu jadi tidak kaget. Kita tunggu juklak secara operasional kegiatan penjualan berlangsung atau dihentikan sementara," kata Sigit kepada Kompas.com, Kamis (1/7/2021).

Sigit tidak mau berspekulasi apakah PPKM darurat akan menyebabkan penurunan penjualan motor nasional pada Juli 2021 atau tidak.

"Saya belum tahu pasti apakah penjualan buka, mohon maaf saya belum bisa memberi jawaban," katanya.

Berkaca pada tahun lalu adanya pembatasan kegiatan masyarakat seperti PSBB cukup berpengaruh pada penjualan motor.

Foto deretan unit Suzuki GSX-R150 berwarna pink yang menyebar di media sosial.Foto di Medsos Foto deretan unit Suzuki GSX-R150 berwarna pink yang menyebar di media sosial.

Lantas dengan adanya PPKM Darurat apakah AISI akan melakukan revisi target?

"Mengenai target kami baru merevisi bulan lalu dari 4 juta unit menjadi 4,3 juta unit. Karena pertimbangannya semester satu (2021) cukup bagus dibandingkan semester satu tahun lalu," katanya.

Baca juga: PPKM Darurat Jawa-Bali, Ojol Andalkan Layanan Pesan Antar

"Perkara nanti dampak dari PPKM Darurat ini nanti kita lihat lagi, apakah ini diberlanjutkan lagi dua minggu, tapi kami berharap dampaknya akan positif buat masyarakat," kata Sigit.

Komunitas ZX-25R IndonesiaDok. ZRI Komunitas ZX-25R Indonesia

Sebelumnya AISI memperkirakan pasar sepeda motor domestik tahun ini akan meningkat dibandingkan 2020, mencapai 4,3 juta-4,6 juta unit.

Sepanjang Januari-Mei 2021, total penjualan kendaraan motor tercatat 2.021.532 unit atau tumbuh 17,8 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar 1.716.097 unit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.