Batasi Mobilitas Warga, Satlantas Polres Klaten Tutup Jalan Protokol

Kompas.com - 02/07/2021, 07:12 WIB
Satlantas Polrestabes Bandung tengah melakukan penutupan jalan Buah Batu Kota Bandung, Rabu (29/4/2020). Penutupan yang merupakan hasil evaluasi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ini diharapkan dapat menekan aktivitas warga selama PSBB ini. KOMPAS.COM/AGIE PERMADISatlantas Polrestabes Bandung tengah melakukan penutupan jalan Buah Batu Kota Bandung, Rabu (29/4/2020). Penutupan yang merupakan hasil evaluasi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ini diharapkan dapat menekan aktivitas warga selama PSBB ini.

KLATEN, KOMPAS.com - Satlantas Polresta Klaten, Jawa Tengah melakukan penutupan jalan protokol demi menekan mobilitas warga Klaten. Mengingat kota ini masuk ke dalam salah satu wilayah yang dikategorikan sebagai zona merah.

Penutupan ruas jalan protokol dimulai pada Rabu (30/6/2021) mulai pukul 21.00 hingga pukul 05.00 WIB. Setelah pukul 05.00, lalu lintas akan dibuka kembali normal seperti biasa. Aturan tersebut akan diberlakukan setiap malam.

Baca juga: PPKM Darurat Jawa-Bali, Ini Aturan Perjalanan ke Luar Kota

“Dari hasil kesepakatan dengan Forkompinda hari ini, untuk nanti malam akan dilakukan penutupan sepanjang jalan protokol. Mulai pukul 21.00 WIB hingga pukul 05.00 WIB. Nantinya pukul 05.00 WIB akan kita normalkan kembali,” jelas Kapolres Klaten AKBP Edy Suranta Sitepu dilansir dari Korlntas Polri, Kamis (1/7/2021).

Ada tiga ruas jalan yang akan dilakukan penutupan, ketiga ruas jalan tersebut yakni yani Jl Veteran sampai Jl Pemuda atau di simpang tiga Masjid Agung Al Aqsha hingga simpang tiga Tugu Adipura.

Kemudian Jl Mayor Kusmanto atau simpang empat Pandanrejo sampai dengan simpang empat MAN 1 Klaten. Dan yang terakhir Jl Kopral Sayom atau simpang tiga Las Kaka-simpang tiga Jetak.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Foto dirilis Kamis (25/6/2020), memperlihatkan polisi memasang 'water barrier' saat pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Surabaya di Bundaran Waru, Surabaya, Jawa Timur. Sekitar 4.312 aparat gabungan diterjunkan guna mengamankan pelaksanaan PSBB di Kota Surabaya, Kabupaten Gresik, dan Kabupaten Sidoarjo, yang tiga kawasan itu lebih dikenal dengan Surabaya Raya.ANTARA FOTO/DIDIK SUHARTONO Foto dirilis Kamis (25/6/2020), memperlihatkan polisi memasang 'water barrier' saat pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Surabaya di Bundaran Waru, Surabaya, Jawa Timur. Sekitar 4.312 aparat gabungan diterjunkan guna mengamankan pelaksanaan PSBB di Kota Surabaya, Kabupaten Gresik, dan Kabupaten Sidoarjo, yang tiga kawasan itu lebih dikenal dengan Surabaya Raya.

Sementara itu, bagi masyarakat dari arah Solo yang akan menuju Yogyakarta akan dilakukan penglihan jalan pada saat dilakukannya penutupan jalan tersebut. Arus kendaraan akan dialihkan ke jalur lingkar Klaten sehingga tidak melewati jalan protokol Kota Klaten.

“Jadi dari arah Solo dan Jogja saat melintasi Klaten kita arahkan ke jalur lingkar. Pada saat bersamaan pula nantinya kita lakukan pembubaran jika ada yang berkerumun. Termasuk tempat-tempat lainnya (PKL dan angkringan) kita lakukan penutupan,” ucap Edy.

Baca juga: Honda Kembalikan Uang Konsumen Saat Aturan Baru PPnBM 0 Persen Berlaku

Satlantas Kota Klaten akan bekerjasama dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Klaten untuk pelaksanaanya. Selain itu satgas Covid-19 juga dilibatkan dalam penutupan jalan tersebut, saat penutupan jalan dan masih ada yang berkerumun maka akan langsung dibubarkan pada saat itu juga.

Petugas dari Polrestabes Medan, Dinas Perhubungan Kota Medan menyusun water barrier di ruas Jalan Djamin Ginting - Dr. Mansyur pada Sabtu (28/3/2020) pagi tadi. Sebanyak 12 ruas jalan di Kota Medan ditutup untuk membatasi mobilisasi masyarakat ke dalam kota dan mencegah penyebaran virus Corona atau Covid-19. Kemungkinan besar akan ada penambahan ruas jalan yang akan ditutup.Istimewa Petugas dari Polrestabes Medan, Dinas Perhubungan Kota Medan menyusun water barrier di ruas Jalan Djamin Ginting - Dr. Mansyur pada Sabtu (28/3/2020) pagi tadi. Sebanyak 12 ruas jalan di Kota Medan ditutup untuk membatasi mobilisasi masyarakat ke dalam kota dan mencegah penyebaran virus Corona atau Covid-19. Kemungkinan besar akan ada penambahan ruas jalan yang akan ditutup.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Klaten Supriyono mengatakan, penutupan jalan protokol nantinya akan memanfaatkan water barrier untuk menghalau kendaraan yang akan masuk ke dalam kota. Nantinya akan ada juga penjagaan khusus di perbatasan jalan yang ditutup.

Baca juga: Harga Mobil Baru Belum Turun, Toyota Tunggu Aturan PPnBM 0 Persen

“Melalui penutupan itu harapannya bisa mengurangi mobilitas. Akan kita koordinasi dengan Satlantas Polres Klaten. Nantinya pada hari pertama penutupan akan kita siagakan petugas untuk menjaga,” kata Supriyono.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.