Siap Pecahkan Rekor, Motor Listrik ini Diklaim Bisa Tembus 400 Kpj

Kompas.com - 25/06/2021, 08:02 WIB
White Motorcycle Concepts WMC250EV Will BroadheadWhite Motorcycle Concepts WMC250EV

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah dua tahun pengembangan, White Motorcycles Concepts (WMC) akhirnya berhasil menyelesaikan WMC250EV. Motor listrik ini langsung dipersiapkan untuk memecahkan rekor.

Dikutip dari Paultan.org, Kamis (24/6/2021), WMC250EV diklaim memiliki kecepatan maksimal yang mampu menembus 400 Km per jam (Kpj). Selain motor listriknya yang bertenaga, motor ini juga memiliki desain aerodinamis yang disebut V-Air.

Baca juga: Bocor, Ini Paten Motor Listrik Suzuki

Jika pada umumnya motor yang memecahkan rekor akan mengalirkan udara di sekitarnya, pada WMC250EV yang menggunakan V-Air, aliran udara justru akan melewatinya.

White Motorcycle Concepts WMC250EVWill Broadhead White Motorcycle Concepts WMC250EV

Saat pengetesan di wind tunnel, WMC menemukan bahwa desain V-Air yang sudah mereka patenkan ini ternyata terbukti mengurangi hambatan dari angin sebesar 70 persen.

Jadi, di bagian tengah motor ini, dari depan hingga ke belakang berlubang. Jika dilihat dari depan, akan seperti terowongan. Namun, anginnya juga dapat memberikan tekanan pada roda depan, sehingga motor tetap stabil.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Kendala Driver Ojol Saat Ingin Punya Motor Listrik

Motor listrik WMC250EV buatan White Motorcycle Concepts (WMC)Dok. Bennetts.co.uk Motor listrik WMC250EV buatan White Motorcycle Concepts (WMC)

WMC250EV dibekali dengan sepasang motor listrik Hacker 20kW pada roda depan dan sepasang Hacker 30kW pada roda belakang yang dihubungkan dengan rantai.

Jika dikonversikan, tenaga yang dihasilkan diklaim dapat mencapai 134 tk. Motor listrik tersebut dapat melebihi kecepatan 400 Kpj. Pemecahan rekor ini akan dilakukan pada Juli 2022 di Salar de Uyuni, Bolivia.

Motor listrik WMC250EV buatan White Motorcycle Concepts (WMC)Dok. Bennetts.co.uk Motor listrik WMC250EV buatan White Motorcycle Concepts (WMC)

WMC juga mengatakan sedang mengembangkan pengaplikasian V-Air pada skuter hybrid roda tiga berkapasitas 300 cc. Motor yang mengambil basis dari Yamaha Tricity 300 ini akan diberi nama WMC300FR.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.