Sering Terjadi, Ini Kesalahan Saat Pasang Dongkrak

Kompas.com - 24/06/2021, 18:21 WIB
dongkrak mobil Kompas.com/Fathan Radityasanidongkrak mobil
|

JAKARTA, KOMPAS.comDongkrak merupakan alat yang berguna dalam keadaan darurat. Terutama jika mengalami masalah di seputar kaki-kaki, seperti ban, pelek, rem, suspensi, dan sebagainya.

Pabrikan sebetulnya telah merancang agar dongkrak mobil mudah dan aman digunakan, semisal ketika terjadi ban kempis atau bocor.

Meski begitu, masih banyak pengemudi yang tidak paham dan kerap melakukan sejumlah kesalahan sewaktu menggunakan dongkrak.

Baca juga: Polisi Tidur Tak Baku Akan Dibongkar, Efeknya Bisa Merusak Komponen Kendaraan

Salah satu kompartemen penyimpanan ban serep di mobil MaseratiAditya Maulana, KompasOtomotif Salah satu kompartemen penyimpanan ban serep di mobil Maserati

“Pengemudi pemula biasanya bingung lokasi penyimpanan dongkrak di mobilnya,” ujar Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Biasanya peralatan seperti dongkrak maupun kunci-kunci perkakas terletak di bagasi belakang. Ada yang tersimpan di lantai bagasi atau di dinding bagian samping, atau bahkan menempel di pintu belakang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tak sedikit juga yang berada di kolong jok penumpang depan atau tempat lainnya. Pemilik wajib mengetahui posisi dongkrak lewat buku manual, agar tidak bingung waktu dibutuhkan.

Baca juga: Dishub DKI Batasi Waktu Operasional Transjakarta hingga Angkot

Letak ban serep di kolong mobilKOMPAS.com/Aprida Mega Nanda Letak ban serep di kolong mobil

“Kemudian yang sering juga tidak tahu cara membuka atau mengeluarkan ban serep. Biasanya pengemudi kesulitan mengeluarkan ban serep mobil yang berada di kolong,” ucap Sony.

Padahal tiap pabrikan biasanya sudah menyertakan panduan untuk menggunakan ban serep. Lagi-lagi, pengemudi sebaiknya membaca buku manual untuk mengetahui prosesnya.

Setelah berhasil mengeluarkan dongkrak, ada sejumlah pengemudi yang salah menempatkan posisinya.

Baca juga: Janji Rossi di MotoGP Belanda

Dongkrak MobilFoto: Peugeot Dongkrak Mobil

“Prinsipnya, tempatkan dongkrak di bidang yang datar dan padat agar tetap seimbang saat didongkrak. Pastikan area tersebut tidak amblas,” kata Sony.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.