Daihatsu Jawab Nada Sumbang Soal Kontroversi Mesin 3-Silinder Rocky

Kompas.com - 18/06/2021, 17:08 WIB
Ilustrasi mesin 3-silinder 1.000 cc turbo milik Daihatsu Rocky ADS KOMPAS.COM/STANLY RAVELIlustrasi mesin 3-silinder 1.000 cc turbo milik Daihatsu Rocky ADS
|

JAKARTA, KOMPAS.comDaihatsu Rocky 1.2L yang baru saja meluncur melengkapi varian bermesin 1.0L Turbo yang lebih dulu hadir pada April 2021. Kedua produk ini mengusung mesin baru berkonfigurasi 3-silinder.

Mesin 1KR-VET berkapasitas 1.000 cc dengan imbuhan turbo milik Rocky 1.0L merupakan pengembangan dari Ayla 1.000 cc.

Sementara mesin WA-VE berkapasitas 1.200 cc dengan silinder ganjil sengaja diciptakan buat Rocky 1.200 cc. Dapur pacu itu merupakan mesin tenaga murni atau naturally aspirated, tanpa induksi turbo.

Baca juga: Daihatsu Resmi Luncurkan Rocky 1.200 cc, Harga Mulai Rp 170 Jutaan

Daihatsu RockyKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Daihatsu Rocky

Hal inilah yang memunculkan bayak nada sumbang soal keandalan mesin 3-silinder menghadapi medan Indonesia yang beragam.

Apalagi mesin 3-silinder juga terkenal dengan getarannya yang lebih terasa ketimbang mesin 4-silinder.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Anjar Rosjadi, Marketing Product Planning Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM, mengatakan, mesin 3-silinder Rocky mengusung teknologi baru.

Mesin 3 silinder 1.2L yang digunakan Daihatsu Rocky merupakan mesin baru. Jadi mesin tersebut sama sekali bukan mesin yang digunakan di mobil-mobil Daihatsu sebelumnya seperti Daihatsu Ayla dan Daihatsu Sigra,” ujar Anjar, dalam konferensi virtual (17/6/2021).

Baca juga: Toyota Terkejut PPnBM 0 Persen Diperpanjang

Daihatsu Rocky 1.2LDok. ADM Daihatsu Rocky 1.2L

Menurutnya, perkembangan teknologi yang semakin maju membuat mesin 3-silinder masa kini jauh lebih halus dibandingkan mesin 3 silinder lama.

Ia juga mengatakan, Rocky 1.2L telah melalui rangkaian pengujian. Salah satunya pengujian konsumsi bahan bakar.

“Konsumsi bahan bakar mesin 3-silinder 1.2L Daihatsu Rocky merupakan yang terbaik di kelasnya, karena mencapai 18-19 kilometer per liter. Hal ini terjadi karena teknologi baru serta bobot mesin yang ringan,” ucap Anjar.

Baca juga: Hadir Varian 1.2L, Berikut Daftar Lengkap Harga Toyota Raize

Rocky 1.0 R TC CVT ADSKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Rocky 1.0 R TC CVT ADS

Anjar menambahkan, mesin 3-silinder 1.2L yang diusung Rocky memiliki tenaga yang lebih besar dibanding mesin 3-silinder lama buatan Daihatsu.

Rocky 1.2L memiliki mesin dengan tenaga maksimal 113 tk. Lebih besar dari tenaga maksimal mesin 3-silinder lama yang mencapai 108 tk.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.