Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Penyebab Speedometer Tak Akurat sampai Berhenti Berfungsi

Kompas.com - 18/06/2021, 11:22 WIB
M. Adika Faris Ihsan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Panel instrumen adalah komponen yang umum ditemukan pada sepeda motor. Dalam panel instrumen, terdapat berbagai macam indikator seperti speedometer, odometer, takometer, hingga fuelmeter.

Tentu saja tiap-tiap indikator tersebut memiliki fungsinya masing-masing. Speedometer untuk mengukur laju kendaraan, odometer untuk mengukur jarak tempuh, takometer untuk mengukur putaran mesin, lalu fuelmeter untuk menunjukkan jumlah bahan bakar yang tersedia dalam tangki.

Namun seiring penggunaan sepeda motor, terkadang pemilik akan merasakan panel instrumen tidak lagi akurat. Bahkan terkadang berhenti berfungsi.

Contohnya seperti jarum speedometer yang gerakannya tidak stabil, atau fuelmeter menunjukkan indikator tangki masih terisi bensin padahal sebenarnya kosong.

Baca juga: Toyota Resmi Jual Raize 1.200 cc, Harga Mulai Rp 202 Jutaan

Menurut Dwi Suwanto, Instruktur Service PT Surya Timur Sakti Jatim Yamaha area Surabaya, gangguan pada panel instrumen bisa disebabkan karena beberapa hal.

mika speedometer yang mengalami retak halus karena sering diparkir di bawah sinar matahariAri Purnomo mika speedometer yang mengalami retak halus karena sering diparkir di bawah sinar matahari

Saat dihubungi Kompas.com, Kamis (17/6/2021), Dwi mengatakan harus melihat dulu jenis motor dan panel instrumen yang mengalami gangguan. Sebab penyebab gangguan pada panel instrumen analog dapat berbeda dengan panel instrumen digital.

"Ini karena untuk (panel instrumen) digital lebih rumit. Sebagian juga terhubung dengan sensor pada ECU," ungkap Dwi menjelaskan.

Baca juga: Wujud Dream Coach Milik PO Sinar Jaya Mulai Terlihat

Jika pada panel instrumen analog, kemungkinan gangguan bisa disebabkan karena kabel-kabel yang tertekuk, berkarat, atau putus. Jika hanya tertekuk masih bisa diperbaiki, namun bila sudah berkarat bahkan putus karena usia maka kabel harus diganti.

Ada pula kemungkinan gangguan pada speedometer disebabkan karena gearbox yang rusak. Fungsi gearbox sendiri adalah untuk menyalurkan daya mesin ke komponen lainnya sehingga dapat bekerja dengan normal. Gearbox rusak bisa dikarenakan salah saat pemasangan atau keausan.

Speedometer model terbaru pada New NMAX yang diperkenalkan di Sirkuti Karting Sentul, Bogor, Sabtu (9/12/2017).KompasOtomotif/Alsadad Rudi Speedometer model terbaru pada New NMAX yang diperkenalkan di Sirkuti Karting Sentul, Bogor, Sabtu (9/12/2017).

Lantas jika fuelmeter yang mengalami gangguan, Dwi memperkirakan faktor lain seperti sensor pelampung dalam tangki bahan bakar yang kemungkinan sudah rusak.

Baca juga: Kebiasaan Buruk Pengemudi yang Bisa Bikin Ban Mobil Cepat Aus

"Pelampung dalam tangki bahan bakar itu sebagai sensor yang memberikan info kondisi jumlah bahan bakar di tangki. Kalau pelampung tersebut bermasalah maka tampilan jumlah bahan bakar pada panel instrumen juga akan salah," kata Dwi.

Ia lantas menambahkan, perbaikan untuk panel instrumen analog akan lebih mudah. Sebab sistemnya lebih sederhana sehingga lebih cepat mendeteksi penyebab kerusakan.

Sementara untuk panel instrumen digital, Dwi mengatakan butuh ketelitian lebih karena sistem yang terpasang sudah sepenuhnya elektronik.

Ketika penyebab kerusakan sudah ditemukan pun belum tentu bisa langsung segera diperbaiki. sebab ada kemungkinan sparepart yang dibutuhkan tidak selalu tersedia setiap saat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com