Begini Nasib Konsumen Daihatsu yang Terlanjur SPK Saat PPnBM 50 Persen

Kompas.com - 17/06/2021, 17:21 WIB
Daihatsu di IIMS Hybrid 2021 KOMPAS.COM/STANLY RAVELDaihatsu di IIMS Hybrid 2021
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah memperpanjang aturan relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) sebesar 100 persen pada Juni sampai Agustus 2021.

Sebelumnya, sejak Juni ini pemerintah memberlakukan diskon PPnBM 50 persen. Adapun diskon PPnBM 100 persen telah berakhir pada Mei lalu.

Aturan ini membuat sejumlah pabrikan, salah satunya PT Astra Daihatsu Motor (ADM) yang harus mengatur lagi harga jual bulan ini.

Baca juga: Toyota Resmi Jual Raize 1.200 cc, Harga Mulai Rp 202 Jutaan

Ilustrasi Daihatsu TeriosDok. ADM Ilustrasi Daihatsu Terios

Padahal sebelumnya telah dilakukan revisi harga dari relaksasi PPnBM 100 persen ke 50 persen. Lantas, bagaimana nasib konsumen yang sudah melakukan pembelian pada awal Juni 2021?

Amelia Tjandra, Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director ADM, mengatakan, sampai saat ini harga jual masih mengacu pada aturan insentif PPnBM 50 persen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Kami tekankan, sampai hari ini pemerintah belum mengeluarkan aturan resmi untuk memperpanjang PPnBM 100 persen sampai Agustus,” ujar Amelia, dalam konferensi virtual (17/6/2021).

Baca juga: Begini Efek Ban Mobil bila Sering Kelebihan Tekanan Udara

Daihatsu Rocky 1.0 R TC CVT ADSKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Daihatsu Rocky 1.0 R TC CVT ADS

Menurutnya, Daihatsu bakal memberlakukan harga jual dengan skema diskon PPnBM 100 persen ketika peraturan telah diresmikan pemerintah.

“Jika peraturan itu dikeluarkan dan berlaku mundur per 1 Juni, kami akan mengembalikan uang konsumen yang sudah dibayarkan kepada kami. Jadi kami berkomitmen akan mengikuti peraturan yang resmi yang akan keluar,” ucap Amelia.

“Selama aturan itu belum keluar, maka harga yang berlaku adalah PPnBM dengan harga 50 persen. Begitu peraturan keluar, kami akan refund uang konsumen yang sudah terbayar 50 persen menjadi diskon 100 persen,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.