Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebiasaan Buruk Pengemudi yang Bisa Bikin Ban Mobil Cepat Aus

Kompas.com - 17/06/2021, 07:12 WIB
Arif Nugrahadi,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Seiring berjalannya waktu, ban mobil akan mengalami keausan karena bergesekan dengan permukaan aspal. Namun ada beberapa faktor yang dapat mengakibatkan keausan ban dapat lebih cepat dari normalnya.

Zulpata Zainal, On Vehicle Test (OVT) Manager PT Gajah Tunggal Tbk mengatakan, ada beberapa hal yang menyebabkan ban mobil lebih cepat aus, salah satunya karena cara berkendara.

Baca juga: Momen Chef Juna Ditampar Saat Pelantikan Klub Motor, Banyak yang Salah Kaprah

"Sebenarnya ada beberapa hal yang menyebabkan keausan ban, salah satunya karena kebiasan atau cara pengemudi membawa mobilnya," kata Zulpata kepada Kompas.com, Rabu (16/6/2021).

Ban mobil GetasKompas.com/Fathan Radityasani Ban mobil Getas

Beberapa kebiasan buruk pengemudi yang membuat ban lebih cepat aus antara lain penggunaan tekanan aingin yang tidak sesuai dengan rekomendasi pabrikan mobil.

Tekanan angin yang tidak sesuai akan membuat ban tidak bekerja maksimal dan lebih cepat aus. Selain itu, bisa jadi ban akan aus dengan tidak merata.

Baca juga: Ancaman Pabrikan Otomotif Imbas Perpanjangan Insentif PPnBM

Berikutnya membawa muatan yang berlebihan. Jika muatan mobil berlebihan maka otomatis gesekan yang terjadi antara permukaan ban dengan aspal juga semakin besar. Akibatnya keausan ban terjadi lebih cepat.

"Selanjutnya yakni melakukan akselerasi yang tiba-tiba dan melakukan pengereman tiba-tiba," ucap Zulpata.

Ilustrasi spooring ban mobil.KOMPAS.com/ERWIN HUTAPEA Ilustrasi spooring ban mobil.

Sebaiknya kemudikan kendaraan dengan normal dan jangan memaksakan ban menanggung beban berat akibat akselerasi dan pengereman mendadak. Selain itu, jangan paksakan juga untuk melakukan manuver yang berlebihan.

Baca juga: Cara Aman Melewati Turunan Pakai Skutik

Kebiasaan buruk berikutnya yakni jarang atau kurang mngecek kelurusan dan kesetimbangan roda. Hal ini dilakukan untuk mencegah ban aus dengan tidak merata. Yang terakhir yakni jarang melakukan rotasi ban.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com