Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baret pada Kaca Helm Bisa Hilang Pakai Kompon?

Kompas.com - 07/06/2021, 17:41 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Helm merupakan peranti keselamatan yang wajib digunakan oleh pengendara motor.

Memiliki fungsi yang vital, helm bisa mengurangi risiko saat terjadi kecelakaan. Oleh sebab itu, perawatannya sangan penting dan harus diperhatikan, terutama pada bagian kaca atau visor.

Tidak sedikit pemilik helm yang kurang hati-hati saat menggunakan atau menyimpannya, sehingga membuat bagian ini sering kotor, bahkan sampai lecet. Goresan tersebut tentu dapat mempengaruhi visibilitas pengendara.

Baca juga: Uji Coba Area Road Bike, Dishub Rekayasa Ruas Sudirman-Thamrin

Ada anggapan yang mengatakan bahwa lecet yang terdapat pada kaca helm bisa dihilangkan menggunakan amplas dan kompon. Benarkan demikian?

Penggiat komunitas belajar helm Ahmad M mengatakan, hal tersebut sifatnya hanya sebagai tindakan minimalisir saja bukan menghilangkan.

Helm Nolan half faceKompas.com/Aprida Mega Nanda Helm Nolan half face

“Tidak bisa hilang. Bahkan jika pemilik helm tidak melakukan cara tersebut dengan benar bisa mengakibatkan kaca helm semakin lecet,” ujar Ahmad saat dihubungi Kompas.com beberapa waktu lalu.

Ahmad menambahkan, untuk kaca helm yang sudah lecet sebaiknya diganti dengan yang baru karena tidak akan bisa diperbaiki.

Baca juga: Moge Kena Razia Knalpot Bising, Pemilik Klaim Itu Knalpot Standar

Sementara itu, untuk menghindari lecet pada helm. Ahmad menyarankan pemilik sebaiknya mengelap kaca helm dengan kain basah setiap habis digunakan.

“Ketika mengelap jangan ditekan permukaan kacanya, agar tidak tergores debu dan kotoran menempel,” kata dia.

Selain itu usahakan untuk menyimpan helm di tempat yang teduh, jangan terkena paparan sinar matahari, karena bisa menyebabkan kaca helm cepat buram.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com