Balik Nama Kendaraan Tanpa KTP Pemilik Pertama, Ini Syaratnya

Kompas.com - 31/05/2021, 15:58 WIB
Pajak STNK Honda CBR250RR SP QS KOMPAS.com/GilangPajak STNK Honda CBR250RR SP QS

JAKARTA, KOMPAS.com - Dokumen kepemilikan kendaraan bermotor wajib ada untuk semua pemilik kendaraan. Sebab dokumen tersebut yang jadi bukti sah kepemilikan dan kendaraan terkait bukan hasil curian.

Namun, beberapa kali ditemukan kejadian seusai membeli kendaraan bekas seperti sepeda motor, pemilik yang baru ragu untuk melakukan balik nama karena tidak memiliki dokumen KTP pemilik sebelumnya.

Balik nama sendiri merupakan proses pengalihan kepemilikan kendaraan bermotor dari pemilik sebelumnya ke pemilik yang baru.

Baca juga: Pebalap Moto3 Tewas Setelah Kecelakaan Tragis di Sirkuit Mugello

Situasi Samsat Jakarta Pusat, Gunung Sahari, Jakarta Pusat, Selasa (17/9/2019).KOMPAS.com/CYNTHIA LOVA Situasi Samsat Jakarta Pusat, Gunung Sahari, Jakarta Pusat, Selasa (17/9/2019).

Ternyata proses balik nama kendaraan masih bisa dilakukan meski tanpa membawa KTP pemilik sebelumnya. Dokumen-dokumen yang perlu disiapkan sebagai syarat balik nama adalah sebagai berikut,

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  • STNK asli dan fotokopiannya
  • KTP pemilik baru asli dan fotokopiannya
  • BPKB asli dan fotokopiannya
  • Kuitansi pembelian kendaraan yang ditandatangani di atas materai Rp 10.000

Selanjutnya pemilik yang baru bisa langsung dapat ke kantor Samsat terdekat dengan membawa berkas-berkas tersebut.

Baca juga: Tarif PO Murni Jaya dari Jakarta Menuju Jateng-DIY Mulai Juni 2021

Harap diingat, jika proses balik nama lintas provinsi, maka pemilik baru wajib melakukan proses cabut berkas terlebih dahulu di daerah pemilik sebelumnya.

Daftar balik nama dilakukan di loket pendaftaran balik nama yang terletak di dalam gedung Samsat. Berkas yang harus disiapkan untuk pendaftaran ini yakni STNK asli dan fotokopi, KTP asli dan fotokopi, BPKB asli dan fotokopi, hasil cek fisik yang telah divalidasi, serta kuitansi pembelian bermaterai.

Daftar pajak Hyundai IoniqKOMPAS.com/Ruly Daftar pajak Hyundai Ioniq

Usai menunjukkan berkas persyaratan, isi formulir yang diberikan. Lalu serahkan kembali formulir tersebut bersama dengan kelengkapan berkas ke petugas. Nantinya petugas akan memberi tanda terima bahwa berkas sedang diproses. Umumnya STNK baru akan terbit 2-5 hari berikutnya.

Baca juga: Syarat Balik Nama Kendaraan Bermotor

Saat akan mengambil STNK dengan nama pemilik baru, serahkan tanda terima ke loket balik nama, fotokopi kuitansi pembelian, dan hasil pemeriksaan cek fisik kendaraan. Tunjukkan BPKB asli jika diminta.

Nantinya akan ada rincian jumlah pajak kendaraan yang harus dibayar. Lakukan pembayaran sesuai nominal yang tertera. Setelah itu, tunggu untuk dipanggil petugas dan ambil STNK yang namanya telah sesuai dengan pemilik yang baru.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.