Suzuki Siapkan Armada Angkot Modern bagi Warga DKI

Kompas.com - 31/05/2021, 13:11 WIB
Angkot AC Suzuki SUZUKI INDOMOBIL SALESAngkot AC Suzuki

JAKARTA, KOMPAS.com - Bersama JakLingko, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mencoba untuk menghadirkan transportasi umum berupa angkutan kota (angkot) yang lebih nyaman bagi penumpang melalui fasilitas air conditioner (AC).

Langkah ini dilakukan sebagai upaya membangun kepercayaan dan kenyamanan pengguna angkot. Apalagi, berdasarkan data Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, terjadi penurunan harian penumpang angkot yang signifikan, yakni 58,44 persen.

Donny Saputra, Direktur Pemasaran Roda Empat PT SIS, mengatakan, program angkot AC merupakan lanjutan dan upgrade dari program angkot reguler yang ada di JakLingko saat ini.

Baca juga: Video Viral Sopir Angkot Gaya-gayaan di Jalan, Berujung Tabrakan Fatal

"Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakata mencanangkan program ankot AC agar meningkatkan kenyamanan dan keamanan penumpang karena didukung teknologi yang lebih mutakhir, seperti AC double-blower, GPS, LED Trayek, dan CCTV. Program ini merupakan salah sat bagian dari program integrasi transportasi di DKI," ucap Donny dalam keterangan resminya, Senin (31/5/2021).

Angkot AC SuzukiSUZUKI INDOMOBIL SALES Angkot AC Suzuki

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Program angkot AC yang menggunakan unit Suzuki Carry ini melibatkan Dishub DKI dan PT Transjakarta. Ditargetkan armada angkot AC ini akan mulai beroperasi pada semester kedua 2021.

Untuk itu, program angkot AC sedang disiapkan agar dapat menunjang mobilisasi masyarakat dengan maksimal. Kegiatan show & trial unit sudah dilaksanakan pada 14 April 2021 yang dihadiri sejumlah instansi terkait.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dinas Perhubungan DKI Jakarta (@dishubdkijakarta)

Nantinya, semua pihak yang terlibat dalam program angkot AC ini berharap semua unit pada semua trayek menggunakan fasilitas yang sama, yakni pendingin udara.

Baca juga: Sudah Digolongkan, Berapa Biaya Bikin SIM CI dan CII

Keberadaan AC dan fitur cangih seperti pintu otomatis, smart navigation, dan CCTV juga diharapkan dapat menarik kembali minta pengguna angkot di DKI.

Namun, selama pandemi, operasional angkot sendiri tetap mengikuti aturan yang berlaku dengan adanya pembatasan jumlah penumpang dan melakukan disinfeksi unit.

Prototipe Mikrotrans Jak LingkoDSP Styling/Dody Prototipe Mikrotrans Jak Lingko

Donny mengatakan, Suzuki berharap kerja sama yang baik dengan JakLingko serta semua pihak yang terlibat dapat membuahkan hasil yang baik juga.

"Kami menghadirkan program angkot AC ini memang bertujuan untuk mengutamakan kenyamanan penumpang dan menarik kembali minat pengguna setelah sempat mengalami penurunan persentase pengguna karena dampak pandemi Covid-19 lalu," kata Donny.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.