Sudah Tahu Fungsi Lain Alur pada Ban Motor

Kompas.com - 29/05/2021, 08:42 WIB
Progresif TWI pada ban FDR KOMPAS.com/GilangProgresif TWI pada ban FDR

JAKARTA, KOMPAS.comBan motor merupakan satu-satunya bagian kendaraan yang menyentuh aspal. Oleh karena itu, ban memiliki peranan penting dalam menjaga motor tetap mendapatkan grip yang baik ke aspal.

Ban motor yang digunakan untuk harian biasanya memiliki alur atau kembangan. Setiap merek ban memiliki model kembangannya masing-masing. Fungsi utama dari kembangan ini adalah sebagai pembuangan air ketika berkendara di jalanan basah.

Dengan begitu, ban tetap mendapatkan cengkeraman ke aspal dan tidak selip ketika air dialirkan dengan baik. Namun selain untuk jadi jalur pembuangan air, ada fungsi lain dari kembangan yang ada di ban.

Baca juga: Begini Sikap yang Benar Ketika Menemukan Kendaraan Lawan Arah

Ban FDR Hover untuk dual purposeIstimewa Ban FDR Hover untuk dual purpose

Technical Service & Development Dept. Head ban FDR Jimmy Handoyo mengatakan, ada beberapa fungsi penunjang dari kembangan yang ada di ban, mulai dari kenyamanan, serta untuk gaya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Fungsi lain dari kembangan adalah untuk mengurangi panas dan noise saat ban bergesekan dengan aspal,” ucap Jimmy kepada Kompas.com, Jumat (28/5/2021).

Baca juga: Harga Bikin Bus Baru di Karoseri, Mulai Rp 400 Juta

Selain itu, Jimmy mengatakan kalau saat ini kembangan yang ada di ban menjadi elemen gaya. Oleh karena itu, saat ini semakin banyak ban dengan kembangan yang stylish namun tetap berfungsi sebagai saluran air keluar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.