Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/05/2021, 08:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Mengemudikan mobil tentu tidak terlepas dari yang namanya perawatan. Komponen pengereman mobil merupakan salah satu yang harus dirawat dengan baik, salah satunya dengan mengganti kampas rem.

Kampas rem merupakan komponen yang bergesekan dengan cakram atau tromol. Ketika kampas dan cakram bergesekan, kendaraan bisa berkurang kecepatannya, bahkan sampai berhenti.

Kampas rem yang terus bergesekan dengan cakram atau tromol tentu akan habis atau terkikis. Jika sudah habis, tentu harus diganti agar sistem pengereman bisa maksimal.

Baca juga: 4 Kebiasaan yang Bikin Motor Cepat Rusak

Ilustrasi kampas rem mobil dan piringan cakram.STANLY RAVEL-KOMPAS.com Ilustrasi kampas rem mobil dan piringan cakram.

Lalu dari bagian depan dan belakang mobil, sisi mana yang kampas remnya lebih dahulu habis?

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor Didi Ahadi mengatakan, kampas rem depan lebih cepat aus karena distribusi rem depan yang lebih besar dibanding rem belakang.

“Distribusi rem antara 60 persen depan dan 40 persen belakang (60:40) atau 70:30 tergantung dari kendaraannya,” ucap Didi kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Resmi, Polisi Harus Bawa Alat Ukur Saat Razia Knalpot Bising

Distribusi rem ini juga disebabkan beban yang diangkut roda depan lebih besar dibanding roda belakang. Walaupun begitu, kampas rem sisi depan dan belakang harus diperiksa setiap 10.000 km.

Selain itu, jika mau mengganti kampas, baik bagian depan atau belakang harus diganti kedua sisinya. Misalnya kampas rem depan habis, harus ganti sisi kiri dan kanannya, karena biasanya habisnya bersamaan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.