Dana Kurang dari Rp 100 Juta, Bisa Dapat Beragam Xenia Bekas

Kompas.com - 29/05/2021, 08:22 WIB
9 Xenia lansiran 2004 yang direkondisi Azwar Ferdian/KompasOtomotif9 Xenia lansiran 2004 yang direkondisi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak bisa dipungkiri, segmen mobil low multi purpose vehicle (LMPV) masih banyak diminati masyarakat. Sebab jenis mobil ini memiliki kabin luas dan dapat menampung hingga 7 penumpang.

Daihatsu jadi salah satu produsen mobil Jepang yang sudah lama bermain di segmen ini dengan Xenia sebagai andalannya. Xenia sendiri sudah mengaspal di Indonesia sejak 2003 silam sebagai program kolaborasi bersama Toyota yang turut mengusung Avanza.

Dengan adanya insentif PPnBM 0 persen sejak Maret 2021, Xenia baru saat ini dibanderol dengan harga paling murah Rp 184,5 juta. Sementara tipe tertingginya dijual pada harga Rp 225,9 juta. Harga tersebut merupakan on the road (OTR) Jakarta.

Baca juga: Hasil FP2 MotoGP Italia: Bagnaia Tercepat, Marquez-Rossi Tercecer Lagi

Daihatsu Xenia tahun 2005ARSN Daihatsu Xenia tahun 2005

Tentu bagi yang memiliki dana minim, harga tersebut masih terhitung mahal. Apalagi jika sejak awal hanya menyiapkan dana kurang dari Rp 100 juta.

Oleh karena itu, berburu Xenia lansiran tahun tua di bursa mobil bekas jadi alternatif pilihan. Meski fitur yang didapat tidak secanggih model terbarunya, harganya jelas lebih terjangkau.

Dari pantauan Redaksi Kompas.com di beberapa situs jual beli mobil bekas daring, Jumat (28/5/2021), Daihatsu Xenia lansiran tahun 2004-2007 umumnya masih dijual pada harga Rp 60 jutaan, baik untuk varian mesin 1.000 cc maupun yang 1.300 cc.

Selanjutnya, untuk Xenia keluaran tahun 2008-2010 paling banyak dijual pada kisaran harga Rp 70 jutaan. Namun untuk tipe Xi Sporty umumnya dibanderol di harga Rp 80 jutaan.

Baca juga: Resmi Berlaku, Aturan Penggolongan SIM Segera Disosialisasikan

Daihatsu Xenia Li Deluxe plus M/T 2011Otomotifnet Daihatsu Xenia Li Deluxe plus M/T 2011

Masuk ke Xenia generasi kedua, untuk dana di bawah Rp 100 juta maka pilihannya adalah keluaran tahun 2011-2013. Umumnya Xenia gen kedua pada kisaran tahun tersebut dijual pada angka Rp 80-90 jutaan. Jika beruntung masih bisa menemukan Xenia tahun 2011 yang dibanderol di angka Rp 70 jutaan.

Namun untuk Xenia keluaran 2012-2013 versi transmisi matik, umumnya sudah menembus kisaran harga Rp 100 jutaan.

Jika akan membeli Xenia bekas terutama produksi tahun tua, pastikan telah mengecek bodi, mesin, dan kaki-kakinya dengan teliti. Meski berbagai sparepart Xenia masih mudah ditemukan, hindari kemungkinan mengeluarkan dana tambahan untuk perbaikan usai transaksi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.