Orangtua Jangan Bangga Anak di Bawah Umur Sudah Bawa Motor

Kompas.com - 28/05/2021, 16:31 WIB
Bocah bawa motor Foto: Tangkapan layarBocah bawa motor
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepeda motor merupakan alat transportasi paling populer di Indonesia. Mudah dan terjangkau merupakan alasan mengapa banyak yang memakai motor.

Sayangnya, hal itu merembet sampai anak di bawah umur. Tak sedikit terlihat di jalan seorang anak yang masih di bawah umur membawa motor tanpa pengawasan orangtua.

Seperti video yang diunggah akun Instagram Dashcam Owners Indonesia, terlihat pengendara motor di bawah umur yang akhirnya menabrak motor di depannya yang sedang parkir.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Jarang Cuci Motor Bisa Bikin Shockbreaker Bocor?

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dash Cam Owners Indonesia (@dashcam_owners_indonesia)

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pengendara tersebut ingin belok putar balik, tetapi motornya malah melaju kencang dan menabrak motor lain. Ada dua hal yang bisa disoroti dari kejadian ini, yaitu teknik berkendara dan SIM.

Untuk teknik berkendara, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, bagi pemula, dianjurkan menarik tuas rem dengan keempat jari.

“Menarik tuas rem dengan empat jari dilakukan agar yakin tidak meleset. Karena jika hanya satu jari, jika jari terpeleset, pasti panik dan berujung tabrakan,” ucap Sony kepada Kompas.com, belum lama ini.

Meski demikian, teknik empat jari ini tidak mutlak. Bisa dua atau tiga jari, selama tidak hanya mengandalkan satu jari. Teknik mengerem dengan empat jari ini lebih kepada keamanan dan kebiasaan.

“Ketika mengerem dengan empat jari, gas ditutup dengan sempurna. Hal ini juga bisa dilakukan untuk membuat kebiasaan keempat jari tidak stand by di handel rem,” kata Sony.

Baca juga: Standar Belum Ditetapkan, Pengguna Knalpot Tidak Sesuai SNI Ditilang

Ilustrasi wanita hijab naik motorkaskus.co.id Ilustrasi wanita hijab naik motor

Kemudian soal SIM alias surat izin mengemudi. SIM bukan hal sembarangan karena merupakan legalitas seseorang boleh membawa kendaraan bermotor di jalan raya.

Tidak semua masyarakat bisa mengajukan dan memiliki SIM. Ada beberapa syarat tertentu yang patut dilengkapi, salah satunya adalah cukup umur minimal 17 tahun.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.