Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perhatikan Komponen Ini jika Tidak Ingin Swingarm Rusak

Kompas.com - 28/05/2021, 16:51 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk sepeda motor jenis bebek dan sport, umumnya dilengkapi dengan swingarm sebagai bagian dari suspensi belakangnya. Komponen ini juga membutuhkan perawatan agar tidak rusak.

Salah satu perawatan yang paling mudah dilakukan adalah memperhatikan kondisi karet yang ada di swingarm. Sebab, karet ini yang melindungi swingarm dari rantai saat motor sedang melaju.

Rantai pada motor berfungsi untuk meneruskan putaran mesin ke roda. Saat berputar, rantai motor bisa mengendur dan menyentuh bagian swingarm. Untuk itu, diaplikasikanlah karet ini untuk melindunginya.

Baca juga: Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Single-Sided Swingarm

Ribut Wahyudi, Kepala Bengkel Honda Bintang Motor Cinere, mengatakan, fungsi karet pada swingarm untuk mencegah timbulnya gesekan rantai dengan swingarm.

Karet swingarmBukaLapak Karet swingarm

"Jika karetnya rusak, maka dapat merusak swingarm dan juga membuat rantai cepat aus," ujar Wahyudi, saat dihubungi Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Ribut menambahkan, jika karet tersebut sudah terkikis habis atau rusak, sebaiknya lekas diganti. Untuk menggantinya juga tidak sulit, tidak perlu sampai melepas swingarm.

Baca juga: Mengenal Fungsi Swingarm, Komponen Vital pada Sepeda Motor

Jika rantai sampai bergesekan dengan swingarm, dampak yang ditimbulkan bisa fatal. Swingarm bisa terkikis oleh rantai, begitu pula sebaliknya.

Akibatnya, rantai bisa saja putus saat sedang melaju. Lalu, swingarm yang terkikis juga lama kelamaan bisa berkarat. Kecuali, swingarm yang digunakan dari bahan aluminium.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com