Perhatikan Komponen Ini jika Tidak Ingin Swingarm Rusak

Kompas.com - 28/05/2021, 16:51 WIB
Karet swingarm BukalapakKaret swingarm

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk sepeda motor jenis bebek dan sport, umumnya dilengkapi dengan swingarm sebagai bagian dari suspensi belakangnya. Komponen ini juga membutuhkan perawatan agar tidak rusak.

Salah satu perawatan yang paling mudah dilakukan adalah memperhatikan kondisi karet yang ada di swingarm. Sebab, karet ini yang melindungi swingarm dari rantai saat motor sedang melaju.

Rantai pada motor berfungsi untuk meneruskan putaran mesin ke roda. Saat berputar, rantai motor bisa mengendur dan menyentuh bagian swingarm. Untuk itu, diaplikasikanlah karet ini untuk melindunginya.

Baca juga: Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Single-Sided Swingarm

Ribut Wahyudi, Kepala Bengkel Honda Bintang Motor Cinere, mengatakan, fungsi karet pada swingarm untuk mencegah timbulnya gesekan rantai dengan swingarm.

Karet swingarmBukaLapak Karet swingarm

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Jika karetnya rusak, maka dapat merusak swingarm dan juga membuat rantai cepat aus," ujar Wahyudi, saat dihubungi Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Ribut menambahkan, jika karet tersebut sudah terkikis habis atau rusak, sebaiknya lekas diganti. Untuk menggantinya juga tidak sulit, tidak perlu sampai melepas swingarm.

Baca juga: Mengenal Fungsi Swingarm, Komponen Vital pada Sepeda Motor

Jika rantai sampai bergesekan dengan swingarm, dampak yang ditimbulkan bisa fatal. Swingarm bisa terkikis oleh rantai, begitu pula sebaliknya.

Akibatnya, rantai bisa saja putus saat sedang melaju. Lalu, swingarm yang terkikis juga lama kelamaan bisa berkarat. Kecuali, swingarm yang digunakan dari bahan aluminium.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.