Bolehkah Oli Mobil Dipakai di Sepeda Motor?

Kompas.com - 27/05/2021, 16:12 WIB
Ilustrasi ganti oli Otomania/Setyo AdiIlustrasi ganti oli

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak sedikit pemilik sepeda motor yang gemar melakukan eksperimen perihal penggunaan pelumas mesin.

Salah satunya adalah percobaan menggunakan pelumas mesin mobil untuk digunakan pada sepeda motor mereka.

Lantas, apakah hal tersebut bisa dilakukan?

Imam Choiri Apre dari bengkel AP Speed di Bekasi mengatakan, pemilik motor sebaiknya harus memahami kerja mesin motor terlebih dulu sebelum bereksperimen.

Menurut Apre, ada perbedaan antara kedua penghasil daya tersebut, untuk motor antara mesin dan transmisi berada dalam satu ruang. Sementara pada mobil, antara mesin dan transmisi berada di tempat terpisah.

Baca juga: Sensasi Berkendara Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2 Ultimate

Transmisi motor biasanya ikut terendam dalam pelumas atau biasa disebut wet clutch. Artinya oli mesin untuk sepeda motor ikut melumasi komponen yang terdapat dalam transmisi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Itu berarti spek oli tidak boleh terlalu licin karena dikhawatiran nantinya antar komponen kopling malah jadi selip. Ini membuat kinerja motor terganggu,” ucap Apre saat dihubungi Kompas.com pekan lalu.

Selip kopling rentan terjadi di kecepatan tinggi, beban berat, tanjakan. Saat putaran gas dibuka, putaran mesin ikut naik namun roda tidak bisa berputar mengejar putaran mesin.

Bisa jadi masalah slip kopling muncul lantaran oli mobil kebanyakan miliki aditif low friction yang memang dibutuhkan saat mesin mobil bekerja.

Ilustrasi ganti oli atau pelumas mesin mobilhttp://www.jupitergaragesheffield.co.uk Ilustrasi ganti oli atau pelumas mesin mobil

Sementara itu, kepala Bengkel Honda Bintang Motor Cinere Ribut Wahyudi mengatakan, hal tersebut boleh saja dilakukan dengan catatan tingkat kekentalannya sama.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.