Catatan Konsumsi BBM Mazda CX-3 1.5L, Tembus 14,1 Km Per Liter

Kompas.com - 28/05/2021, 17:01 WIB
Mazda CX-3 1.5L. Model ini menjadi SUV termurah Mazda yang hadir di Indonesia Kompas.com/Setyo AdiMazda CX-3 1.5L. Model ini menjadi SUV termurah Mazda yang hadir di Indonesia
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Sebagai salah satu kontestan baru di segmen SUV kompak 1.500 cc, Mazda CX-3 1.5L ternyata punya keunggulan dari sisi kehematan konsumsi BBM.

Di atas kertas, CX-3 Sport 1.5L mengusung mesin SKYACTIV-G berkapasitas 1.500 cc dengan rasio kompresi 13:1. Artinya, mobil ini harus menenggak BBM oktan tinggi.

Namun, Mazda hanya menyarankan penggunaan BBM minimal RON 90 atau setara Pertalite, yang terbilang memiliki harga cukup terjangkau.

Baca juga: Bolehkah Oli Mobil Dipakai di Sepeda Motor?

Tutup tangki BBM Mazda CX-3 1.5LKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Tutup tangki BBM Mazda CX-3 1.5L

Saat kami test drive mobil ini pada medio April 2021, harga Pertalite per liternya sekitar Rp 7.650. Dengan BBM tersebut, ternyata konsumsi CX-3 masih cukup irit.

Ketika dipakai melaju di jalan perkotaan dan jalan tol sejauh 129 km, konsumsi BBM untuk rute kombinasi berdasarkan catatan MID di dasbor menghasilkan 14,1 km per liter.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Padahal, mobil juga dipakai untuk keperluan pembuatan video, di mana kondisi mesin dan AC dibiarkan menyala ketika shooting.

Baca juga: Begini Sikap yang Benar Ketika Menemukan Kendaraan Lawan Arah

Catatan konsumsi BBM Mazda CX-3 tembus 14,1 km per liter.KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Catatan konsumsi BBM Mazda CX-3 tembus 14,1 km per liter.

Dengan tangki BBM berkapasitas 48 liter, artinya jika diisi penuh dengan Pertalite, Anda hanya butuh biaya Rp 367.200.

Dengan catatan konsumsi BBM tersebut, serta tangki yang terisi penuh, secara matematis mobil bisa dibawa berkendara hingga sejauh 676,8 km.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X