Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tol Cijago Lanjut Konstruksi, Akses Kukusan – Cinere Siap Tersambung

JAKARTA, KOMPAS.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memulai pembangunan Jalan Tol Cinere - Jagorawi (Cijago) Seksi 3, Kukusan - Cinere sepanjang 5,44 km.

Ruas tol ini bakal meningkatkaan volume distribusi barang dan jasa di kawasan Jakarta – Bogor – Depok – Tangerang - Bekasi (Jabodetabek).

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, mengatakan, sebelumnya Tol Cijago untuk Seksi 1 telah beroperasi tahun 2012 dan Seksi 2 telah beroperasi 2019.

“Artinya sudah hampir 10 tahun, bukan berarti kita lambat akan tetapi pembangunan di perkotaan tantangannya lebih banyak dan lebih besar terutama masalah pembebasan tanah,” ujar Basuki, dalam keterangan resminya, Jumat (28/5/2021).

“Kalau masalah pembebasan tanah cepat pembangunan infrastrukturnya akan jauh lebih cepat,” kata dia.

Untuk diketahui, Jalan Tol Cijago membentang sepanjang 14,7 km terdiri 3 (tiga) Seksi. Seksi 1 menghubungkan Jagorawi-Jalan Raya Bogor sepanjang 3,7 km telah beroperasi Januari 2012.

Sedangkan Seksi 2 menghubungkan Jalan Raya Bogor - Kukusan sepanjang 5,5 kilometer telah beroperasi September 2019 lalu.

Kemudian Seksi 3 Kukusan - Cinere sepanjang 5,44 km (Ruas Cinere – Limo) ditargetkan akan beroperasi pada Februari 2022 dan untuk Ruas Kukusan - Limo pada Juni 2022.

Saat ini progres pembebasan lahan telah mencapai 70,16 persen. Adapun biaya investasi sebesar Rp. 3,2 triliun dan biaya konstruksi sebesar Rp 1,2 triliun.

Jalan Tol Cijago merupakan bagian dari Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) II, yang terdiri atas ruas Cengkareng - Kunciran sepanjang 15,2 km, Kunciran - Serpong sepanjang 11,2 Km, dan Serpong - Cinere sepanjang 10,1 km.

Kemudian ruas Cinere - Jagorawi sepanjang 14,6 km, Cimanggis- Cibitung sepanjang 25,4 km, Cibitung - Cilincing sepanjang 33,9 km, serta Akses Tanjung Priok sepanjang 12,1 km.

Penyelesaian konstruksi Tol Cijago Seksi 3 akan meningkatkan konektivitas Tol JORR II yang berdampak positif mengurangi kemacetan di pusat Kota Depok, memperlancar mobilitas warga dan mengurangi kemacetan di ruas tol lain.

“Dibangunnya Tol Cijago Seksi 3 sangat membantu pergerakan mobilitas warga karena 60 persen warga depok bekerja di luar Depok, 40 persen di Jakarta selebihnya bekerja di Bekasi dan Bogor,” ucap Walikota Depok Mohammad Idris, pada kesempatan yang sama.

“Dengan dibangunnya tol ini tentunya warga Depok sangat menyambut baik sekali.” kata Idris.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/05/28/185100115/tol-cijago-lanjut-konstruksi-akses-kukusan-cinere-siap-tersambung

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.