Amankah Ganti Ukuran Gir Belakang Motor?

Kompas.com - 27/05/2021, 17:41 WIB
BMW Motorrad perkenalkan teknologi rantai motor bebas perawatan Rideapart.comBMW Motorrad perkenalkan teknologi rantai motor bebas perawatan

JAKARTA, KOMPAS.com – Modifikasi pada motor tentu kembali lagi dari selera pemiliknya. Salah satu komponen yang kerap dimodifikasi adalah penggantian ukuran gir belakang motor yang masih menggunakan rantai.

Dengan mengganti gir belakang jadi lebih besar dan kecil, akan mengubah karakter dari kendaraannya. Mulai dari tarikan awal, kecepatan puncak sampai kemampuan menanjaknya.

Namun setelah mengganti gir belakang motor, apakah aman untuk digunakan?

Baca juga: Alasan Pemilik SIM B Tak Bisa Perpanjangan di SIM Keliling

Rantai sepeda motor.Shutterstock Rantai sepeda motor.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, selama perubahan pada komponen atau suku cadang tidak membahayakan ketika digunakan saat berkendara, maka masih dikategorikan aman.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Modifikasi yang tidak disarankan adalah jika bisa membahayakan pengendara. Misalnya mengganti ukuran ban motor menjadi ban cacing, atau ganti shock belakang lebih tinggi sehingga rawan patah, atau ganti warna lampu tidak sesuai standar,” ucap Agus kepada Kompas.com, Kamis (27/5/2021).

Agus mengatakan, mengganti ukuran gir hanya akan berpengaruh pada kinerja atau tarikan sepeda motor saja, jadi tidak masalah. Misalnya dengan ganti ukuran lebih kecil dari standar, tarikan awal jadi panjang, tapi saat menanjak agak kurang tarikannya.

Baca juga: Segera Meluncur, Harga Daihatsu Rocky 1.2 Lebih Murah dari 1.0 Turbo

Begitu juga sebaliknya, jika mengganti ukuran gir yang lebih besar dari standar, maka tarikan awal jadi lebih enteng, enak untuk dibawa ke jalan menanjak. Namun kecepatan puncaknya jadi berkurang.

“Secara handling dan maniver di jalan datar, mengganti ukuran gir belakang tidak ada masalah. Hanya menimbulkan perbedaan pada tarikan mesin saja,” kata Agus.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X