Apa yang Harusnya Dilakukan Motor Usai Menyalip Mobil?

Kompas.com - 25/05/2021, 18:41 WIB
Ilustrasi motor menyalip mobil visordown.comIlustrasi motor menyalip mobil
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Video viral di media sosial memperlihatkan pengendara sepeda motor kehialngan keseimbangan saat berboncengan karena ditabrak mobil dari belakang usai menyalip.

Dalam video diunggah akun Instagram Agoez Bandz4 terlihat pengendara motor tersebut berjalan pelan kemudian mengerem usai menyalip mobil, sehingga akhirnya tertabrak dari belakang.

Baca juga: Kebiasaan yang Bikin Aki Tekor Saat Cas Ponsel di Motor

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Agoez Bandz Official (@agoez_bandz4)

Berangkat dari kasus tersebut, Head of Safety Riding Promotion Wahana, Agus Sani, mengatakan, ada beberapa hal yang mesti dilakukan pengendara motor saat menyalip kendaraan di depannya.

"Pertama jaga jarak dengan kendaraan yang akan kita lewati, kedua lihat situasi jalan di bagian depan kendaraan apakah aman untuk kita bisa melewatinya," kata Agus kepada Kompas.com, Selasa (25/5/2021).

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Ketiga nyalakan lampu sein dan klakson untuk memberi isyarat kepada kendaraan yang akan kita lewati dan lihat sisi kanan kendaraan untuk meminimalisir area blindspot, keempat gunakan gigi rendah agar saat kita menarik gas bisa lebih cepat untuk melewati kendaraan lain," katanya.

Kemudian hal tak kalah penting jangan langsung memotong jalan kendaran lain setelah menyalip, apalagi dengan kecepatan rendah karena akan mengagetkan pengendara di belakangnya.

Naik motor saat musim hujan Foto: Yamaha Naik motor saat musim hujan

"Setelah berhasil melewati kendaraan lain tambah kecepatan agar posisi kita tetap aman, jangan mendahului kendaraan apabila kita tidak dapat melihat situasi di depan kendaraan yang akan dilewati," katanya.

Training Director The Real Driving Centre (RDC) Marcell Kurniawan mengatakan, ada empat hal yang harus dipastikan pengemudi sebelum menyalip kendaraan, yaitu aman, diperbolehkan, perlu, dan mampu.

“Pertama aman, tidak ada kendaraan dari belakang. Lalu pastikan jarak kendaraan yang ingin disalip dengan kendaraan di depannya cukup jauh, sehingga kita bisa langsung kembali ke jalur yang benar setelah menyalipnya,” ucap Marcell.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X