Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apa yang Harusnya Dilakukan Motor Usai Menyalip Mobil?

JAKARTA, KOMPAS.com - Video viral di media sosial memperlihatkan pengendara sepeda motor kehialngan keseimbangan saat berboncengan karena ditabrak mobil dari belakang usai menyalip.

Dalam video diunggah akun Instagram Agoez Bandz4 terlihat pengendara motor tersebut berjalan pelan kemudian mengerem usai menyalip mobil, sehingga akhirnya tertabrak dari belakang.

"Pertama jaga jarak dengan kendaraan yang akan kita lewati, kedua lihat situasi jalan di bagian depan kendaraan apakah aman untuk kita bisa melewatinya," kata Agus kepada Kompas.com, Selasa (25/5/2021).

"Ketiga nyalakan lampu sein dan klakson untuk memberi isyarat kepada kendaraan yang akan kita lewati dan lihat sisi kanan kendaraan untuk meminimalisir area blindspot, keempat gunakan gigi rendah agar saat kita menarik gas bisa lebih cepat untuk melewati kendaraan lain," katanya.

Kemudian hal tak kalah penting jangan langsung memotong jalan kendaran lain setelah menyalip, apalagi dengan kecepatan rendah karena akan mengagetkan pengendara di belakangnya.

"Setelah berhasil melewati kendaraan lain tambah kecepatan agar posisi kita tetap aman, jangan mendahului kendaraan apabila kita tidak dapat melihat situasi di depan kendaraan yang akan dilewati," katanya.

Training Director The Real Driving Centre (RDC) Marcell Kurniawan mengatakan, ada empat hal yang harus dipastikan pengemudi sebelum menyalip kendaraan, yaitu aman, diperbolehkan, perlu, dan mampu.

“Pertama aman, tidak ada kendaraan dari belakang. Lalu pastikan jarak kendaraan yang ingin disalip dengan kendaraan di depannya cukup jauh, sehingga kita bisa langsung kembali ke jalur yang benar setelah menyalipnya,” ucap Marcell.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/05/25/184100015/apa-yang-harusnya-dilakukan-motor-usai-menyalip-mobil-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke