Mazda CX-3 dan Mazda6 Disuntik Mati Mulai 2022

Kompas.com - 25/05/2021, 18:01 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Produsen otomotif asal Jepang Mazda Motor Corporation berencana menghentikan produksi dua model inti di Amerika Serikat (AS), yakni Mazda CX-3 dan Mazda6 setelah model 2021.

Keputusan tersebut diambil sejalan dengan perubahan minat para konsumen dan pergeseran fokusan industri otomotif ke kendaraan bermotor listrik.

"Kami bangga dengan kinerja, desain, kualitas, dan keselamatan yang produk tersebut berikan," tulis pernyataan perseroan dalam rilisnya, Selasa (25/5/2021).

Baca juga: Kebiasaan yang Bikin Aki Tekor Saat Cas Ponsel di Motor

Mazda CX-30 pertama dikenalkan pada ajang Geneva Motor Show 2019Motor1 Mazda CX-30 pertama dikenalkan pada ajang Geneva Motor Show 2019

"Tetapi, karena minat konsumen terus berkembang, Mazda akan menghentikan CX-3 dan Mazda6," lanjutnya.

Dihentikannya CX-3 sebenarnya sudah diprediksi oleh beberapa pihak setelah kemunculan Mazda CX-30 belum lama ini. Apalagi, mobil hadir dengan beragam aspek berbeda terutama pada ruang kabin.

Namun keputusan atas Mazda6 cukup memberikan pertanyaan tersendiri bagi para pecinta Mazda. Sebab, model ini merupakan salah satu sedan menengah ke atas terfavorit.

Hanya saja jika mengacu data penjualan, memang Mazda6 tak terlalu gemilang seperti Honda Accord. Terkhusus, selama lima tahun terakhir.

Titik penjualan tertinggi Mazda6 ada di tahun 2015 silam, yaitu sebanyak 57.898 unit. Angka ini terus turun hingga mencapai titik terendah di tahun 2020, 16.204 unit saja.

Baca juga: Mengapa Setir Bus Berukuran Besar?

Beragam kendaraan terbaru di pameran GIIAS 2018. Pameran ini akan diselenggarakan mulai 2 Agustus hingga 12 Agustus 2018. Mazda menghadirkan pembaruan Mazda6 Beragam kendaraan terbaru di pameran GIIAS 2018. Pameran ini akan diselenggarakan mulai 2 Agustus hingga 12 Agustus 2018. Mazda menghadirkan pembaruan Mazda6

Menghadirkan mesin 2.5-turbo pada Mazda6 2021 sepertinya tidak mendongkrak penjualannya secara baik. Lantas, mungkinkan Mazda akan menghadirkan model penggantinya?

Mungkin rumor belakangan yang menyebut bahwa Mazda tengah menyiapkan sedan menengah baru berpenggerak roda belakang dengan mesin enam inline bisa memuaskan pecintanya.

Tetapi, sampai berita ini terbit Mazda masih merahasikan strategi bisnis sedan di masa depan.

"Kami tidak dapat membagikan detail produk masa depan saat ini," kata seorang juru bicara Mazda.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.