Konsumsi Mulai Tumbuh, Penjualan dan Produksi Mobil Naik Signifikan

Kompas.com - 25/05/2021, 14:51 WIB
Menkeu secara daring dalam Konferensi Pers APBN Kita, Selasa (25/5/20w1) KemenkeuMenkeu secara daring dalam Konferensi Pers APBN Kita, Selasa (25/5/20w1)

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyampaikan, bahwa pola konsumsi masyarakat di Indonesia mulai kembali pulih. Hal ini menandakan momentum pengendalian pandemi dan pemulihan ekomomi sedang terjadi.

Dampak dari hal itu, selain aktivitas masyarakat yang naik sejak April 2021, beragam konsumsi juga ikut terkerek, termasuk dari sisi penjualan mobil yang diklaim tumbuh hingga 227,6 persen year on year (yoy).

"Untuk penjualan mobil, dari sisi produksi mulai terjadi pick up sejak Maret 2021 lalu. Untuk penjualan retail kendaraan bermotor, mulai melonjak tinggi mulai Maret dan tetap terjaga di level 79.500 unit," ucap Sri Mulyani dalam konferensi pers APBN Kita yang ditayangkan via Youtube, Selasa (25/5/2021).

Baca juga: Gejolak Penjualan Mobil di April 2021, Berikut 10 Merek Terlaris

Terlihat berdasarkan data, tingkat penjualan ritel pada April 2021 mengalami kenaikan dibandingkan Maret. Hal tersebut juga tak lepas dari pemberian insentif berupa diskon pajak.

Pengunjung melihat mobil-mobil yang dipamerkan pada pembukaan IIMS Hybrid 2021 di JiExpo Kemayoran, Jakarta Utara, Kamis (15/4/2021). Pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021 yang berlangsung pada 15-25 April itu digelar secara daring (online) dan kunjungan langsung dengan pembatasan kapasitas dan penerapan protokol kesehatan Covid-19.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Pengunjung melihat mobil-mobil yang dipamerkan pada pembukaan IIMS Hybrid 2021 di JiExpo Kemayoran, Jakarta Utara, Kamis (15/4/2021). Pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021 yang berlangsung pada 15-25 April itu digelar secara daring (online) dan kunjungan langsung dengan pembatasan kapasitas dan penerapan protokol kesehatan Covid-19.

Sementara dari tingkat produksi mobil di April, masih relatif tinggi dan hal memberikan gambaran optimisme industri otomotif dalam mengantisipasi tingginya permintaan kendaraan selama 2021.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Pertumbuhan produksi kendaraan bermotor naik tinggi, yakni 322,8 persen lebih dari tiga kali lipat pada April kemarin. Sementara penjualan retailnya 227,56 persen yoy," ucap Sri Mulyani.

Baca juga: Penjualan LCGC Lesu, Calya-Sigra Masih Pimpin Pasar

Menurut wanita yang akrab di sapa Ani tersebut, dibandingkan tahun lalu, secara produksi dan penjualan memang sangat jauh. Apalagi pada 2020 juga aktivitas lebih ketat dengan adanya PSBB dan lain sebagainya.

Toyota IIMS Hybrid 2021TAM Toyota IIMS Hybrid 2021

"Jadi saat Covid bisa terjaga, otomatis kegiatan penjualan atau konsumsi dari masyarakat bisa menunjukkan tren perbaikan," kata dia.

 



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.