Kebiasaan yang Bikin Aki Tekor Saat Cas Ponsel di Motor

Kompas.com - 25/05/2021, 14:01 WIB
Ilustrasi power outlet, lighter port, pengisi daya pada kendaraan blogpspotIlustrasi power outlet, lighter port, pengisi daya pada kendaraan

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa sepeda motor zaman sekarang sudah dilengkapi dengan fitur power outlet. Dengan fitur ini, pengendara bisa mengisi daya pada ponsel sambil berkendara.

Modelnya ada dua macam, ada yang membutuhkan adaptor dan ada juga yang tinggal colok kabel USB. Fitur ini bisa dibilang cukup bermanfaat bagi pengendara yang mobilitasnya tinggi di zaman sekarang.

Baca juga: Apakah Menyimpan Powerbank atau Ponsel di Bagasi Motor Bisa Meledak

Namun, masih ada sebagian pengendara sepeda motor yang melakukan kebiasaan saat mengecas ponsel yang dapat membuat aki menjadi soak.

Ilustrasi power outlet, lighter port, pengisi daya pada kendaraancars.com Ilustrasi power outlet, lighter port, pengisi daya pada kendaraan

Technical Division PT Astra Honda Motor Endro Sutarno, mengatakan, fitur power outlet di motor tidak akan membuat baterai atau aki soak, namun ada syaratnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Asalkan pada saat melakukan pengecasan HP, mesin dalam keadaan hidup, baterai motor tidak akan soak,” ujar Endro, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Ingat, Berkendara Sambil Main Ponsel Bisa Kena Denda Hingga Penjara

Jika mengecas ponsel saat mesin motor mati, aki akan menjadi soak. Jika mesin mati, Endro menambahkan, arus listriknya murni dari aki saja, sementara aki tidak mengalami pengisian.

"Jika hal ini dilakukan terus-menerus, arus listrik yang ada di baterai akan habis. Kalau sudah habis arus listrik di aki, tidak bisa dicas, jadi harus ganti yang baru,” kata Endro.

Ketika mesin motor menyala, arus listrik akan datang dari spul dan distabilkan oleh kiprok lalu diteruskan ke aki. Saat itulah terjadi pengisian pada aki.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.