Mengapa Mesin Diesel Mengeluarkan Asap Hitam?

Kompas.com - 24/05/2021, 17:41 WIB
Ilustrasi kepulan asap hitam mobil diesel cumminsforum.comIlustrasi kepulan asap hitam mobil diesel

JAKARTA, KOMPAS.com – Jalan raya tentu diisi oleh berbagai jenis kendaraan. Namun sering terlihat untuk bus atau truk lama dengan mesin diesel kerap mengeluarkan asap hitam ketika sedang berjalan atau berakselerasi.

Selain bus dan truk model lama, beberapa kendaraan kecil dengan mesin diesel ada juga yang mengeluarkan asap hitam. Lalu mengapa asap hitam bisa keluar dari ujung knalpot mobil, bus atau truk dengan mesin diesel?

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor Didi Ahadi mengatakan, asap hitam yang keluar dari knalpot mesin diesel biasanya dikarenakan perawatannya yang kurang baik.

Baca juga: Sederet Merek Sepeda Motor yang Hengkang dari Indonesia

Knalpot busWerry Yulianto Knalpot bus

“Biasanya dari perawatannya yang tidak berkala, seperti penggantian filter udara dan solar,” ucap Didi kepada Kompas.com, Senin (24/5/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, bisa juga disebabkan pembakaran di ruang mesin yang tidak sempurna. Banyak faktor yang bisa menyebabkan pembakaran di ruang mesin diesel tidak sempurna, salah satunya mutu solar yang kurang baik.

“Mutu solar yang kurang baik juga membuat filter solar mampet sehingga suplai bahan bakar ke mesin jadi berkurang,” kata Didi.

Baca juga: Mobil Matik Mogok, Ini Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Derek

Begitu juga ketika tidak mengganti filter udara secara berkala, aliran udara ke mesin jadi tertahan karena mampet.

Namun berbeda ceritanya dengan mobil diesel zaman sekarang yang sudah diatur pembakarannya lewat sistem komputer.

“Kalau sekarang sudah menggunakan Engine Control Unit (ECU) sehingga bisa mengatur suplai solar, udara dan lain-lain,” ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.