Salin Artikel

Mengapa Mesin Diesel Mengeluarkan Asap Hitam?

JAKARTA, KOMPAS.com – Jalan raya tentu diisi oleh berbagai jenis kendaraan. Namun sering terlihat untuk bus atau truk lama dengan mesin diesel kerap mengeluarkan asap hitam ketika sedang berjalan atau berakselerasi.

Selain bus dan truk model lama, beberapa kendaraan kecil dengan mesin diesel ada juga yang mengeluarkan asap hitam. Lalu mengapa asap hitam bisa keluar dari ujung knalpot mobil, bus atau truk dengan mesin diesel?

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor Didi Ahadi mengatakan, asap hitam yang keluar dari knalpot mesin diesel biasanya dikarenakan perawatannya yang kurang baik.

“Biasanya dari perawatannya yang tidak berkala, seperti penggantian filter udara dan solar,” ucap Didi kepada Kompas.com, Senin (24/5/2021).

Selain itu, bisa juga disebabkan pembakaran di ruang mesin yang tidak sempurna. Banyak faktor yang bisa menyebabkan pembakaran di ruang mesin diesel tidak sempurna, salah satunya mutu solar yang kurang baik.

“Mutu solar yang kurang baik juga membuat filter solar mampet sehingga suplai bahan bakar ke mesin jadi berkurang,” kata Didi.

Begitu juga ketika tidak mengganti filter udara secara berkala, aliran udara ke mesin jadi tertahan karena mampet.

Namun berbeda ceritanya dengan mobil diesel zaman sekarang yang sudah diatur pembakarannya lewat sistem komputer.

“Kalau sekarang sudah menggunakan Engine Control Unit (ECU) sehingga bisa mengatur suplai solar, udara dan lain-lain,” ucapnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/05/24/174100915/mengapa-mesin-diesel-mengeluarkan-asap-hitam-

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.