Kompas.com - 24/05/2021, 15:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Helm jadi perlengkapan wajib bagi semua pengendara sepeda motor dalam aspek keamanan berkendara.

Helm berfungsi melindungi kepala jika terjadi benturan atau kecelakaan saat berkendara. Penggunaannya pun sudah diatur secara resmi dalam Undang-undang tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Hal ini menunjukkan betapa vitalnya helm untuk para pengendara sepeda motor. Jangan sampai ada salah kaprah bahwa helm dipakai hanya untuk menghindari tilang dari petugas yang berwenang.

Saat memarkirkan sepeda motor, umumnya pengendara menaruh helm di atas spion. Ternyata, cara tersebut tidaklah disarankan.

Baca juga: Capirossi Sidak Sirkuit Mandalika, Saya Suka Sirkuit Ini

Promo helm di IIMS 2021KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Promo helm di IIMS 2021

Ahmad M selaku pegiat dari Komunitas Belajar Helm pun mengatakan bahwa menaruh helm di atas spion memberikan dampak buruk pada helm tersebut.

"Iya tidak disarankan menaruh helm di atas spion. Ini karena bagian expanded polystyrene styrofoam (EPS) helm rentan jadi tumpuan ketika ditaruh di atas spion. Efek buruknya bisa mengubah struktur EPS helm tersebut," ungkap Ahmad kepada Kompas.com, Senin (24/5/2021).

Lapisan gabus sintetis pada helm ini lah yang berfungsi menahan benturan agar dampaknya tidak terlalu terasa pada kepala penggunanya. Jika struktur EPS helm berubah, maka perlindungannya jadi tidak maksimal.

Baca juga: Ingat Ada Bahaya Mengintai di Gerbang Tol, Jangan Salah Pilih Pintu

Bagasi Suzuki Swish luas, muat menyimpan helm full face dan perlengkapan lain.Suzuki/KompasOtomotif Bagasi Suzuki Swish luas, muat menyimpan helm full face dan perlengkapan lain.

Ahmad menyarankan untuk menyimpan helm dengan cara menggantungkannya di gantungan yang telah disediakan atau pada behel sepeda motor.

"Kalau khawatir kehujanan saat menggantungkan helm, bisa dibungkus plastik terlebih dahulu agar tidak basah akibat air hujan yang tertampung," kata Ahmad menambahkan.

Saat ini pun ada beberapa model sepeda motor yang memiliki ruang bagasi luas di bawah jok. Menyimpan helm di bagasi bawah jok jadi salah satu alternatif aman agar helm tetap dalam kondisi yang baik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.