Pelat Nomor Khusus Anggota DPR Berpotensi Penyalahgunaan

Kompas.com - 21/05/2021, 17:52 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Seperti halnya TNI dan Polri, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) kini juga memiliki Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) atau pelat nomor khusus.

Namun keberadaan pelat nomor khusus tersebut mengundang pro dan kontra dari beragam pihak, salah satunya kritikan dari pengamat transportasi Djoko Setijowarno.

Menujur Djoko, harusnya tak ada pelat nomor istimewa bagi anggota DPR lantaran bisa menimbulkan banyak masalah seperti yang sudah terjadi saat ini. Contonya seperti penipuan dan penyalahgunaan.

Baca juga: Pelat Nomor Khusus Berlaku untuk Semua Anggota DPR

"TNKB khusus untuk TNI dan Polri saja ada yang disalahgunakan dan dipalsukan, apalagi ada yang khusus anggota DPR dan nanti yang dari daerah (DPRD) juga akan ikutan minta, makin tambah banyak pemalsuan untuk penipuan dan gagah-gagahan," ucap Djoko kepada Kompas.com, Jumat (21/5/2021).

Tangkapan layar pelat nomor kendaraan palsu yang viral di media sosial pada Rabu, (3/3/2021).Twitter: @Puspen_TNI Tangkapan layar pelat nomor kendaraan palsu yang viral di media sosial pada Rabu, (3/3/2021).

Djoko mengatakan harusnya pelat khusus bagi DPR hanya untuk Ketua dan wakil saja, itu pun sudah cukup dengan TNKB merah yang menandakan kendaraan dinas pemerintah, bukan pribadi.

Terkait soal alasan kebutuhan identitas dan pemantauan, dengan pelat nomor merah menurut Djoko juga sudah dapat mewakili karena bisa dilakukan pengecekan.

"Adanya model TNKB khusus dapat diberikan dengan pertimbangan akan menambah produktivitas kerja, jika tidak sepertinya akan jadi pemborosan anggaran negara (APBN) untuk cetak TNKB baru," ucap Djoko.

"Mau bentuk apapun TNKB, kalau polisi tidak berani menindak anggota DPR yang langgar lalu lintas tidak ada manfaatnya pemberian TNKB Baru," kata dia.

Polres Bogor Berhasil Menindak Pelajar yang Ugal-ugalan di jalan Puncak Pakai Mobil Berpelat Nomor DewaFoto: Istimewa Polres Bogor Berhasil Menindak Pelajar yang Ugal-ugalan di jalan Puncak Pakai Mobil Berpelat Nomor Dewa

Baca juga: Viral Foto Pelat Nomor Khusus Anggota DPR, Bagaimana Aturannya?

Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad sebelumnya mengatakan, keberadaan pelat nomor khusus DPR telah diketahui oleh kepolisian. Tujuannya diakui sebagai penanda dan memudahkan untuk dipantau.

"Sebagai indentitas agar mudah di pantau. Di DPR sendiri gampang dikenali mana yang mobil anggota, mana yang bukan, di jalan raya bisa dipantau apabila kemudian ada mobil yang melakukan pelanggaran-pelanggaran," ucap Dasco mengutip NasionalKompas.com, Jumat (21/5/2021).

Ilustrasi : Suasana gedung DPR RI, Jakarta, Jumat (22/5/2009)KOMPAS/PRIYOMBODO Ilustrasi : Suasana gedung DPR RI, Jakarta, Jumat (22/5/2009)

Lebih lanjut dia juga mengatakan selama ini DPR menerima banyak laporan soal pelanggaran lalu lintas yang diduga kendaraan anggota DPR.

"Tapi kan itu tidak bisa dibuktikan apakah itu betul. Kalu sudah pakai indentitas dari institusi dan ada nomor anggotanya, gampang dikenali yang melanggar," kata Dasco.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.