Anggota DPR Pakai Pelat Nomor Khusus, Tetap Ditilang jika Salah

Kompas.com - 21/05/2021, 17:12 WIB
Jeep Wrangler Rubicon yang menggunakan pelat nomor khusus DPR Screenshot Instagram @plat_dinas_officialJeep Wrangler Rubicon yang menggunakan pelat nomor khusus DPR
|

JAKARTA, KOMPAS.comPelat nomor khusus seperti halnya milik kendaraan dinas TNI dan Polri kini mulai digunakan anggota DPR.

Hal ini terungkap lewat foto Jeep Wrangler Rubicon yang viral karena menggunakan pelat nomor khusus.

Meski begitu, polisi mengatakan bahwa tidak ada keistimewaan bagi mereka yang menggunakan pelat nomor khusus.

Baca juga: Viral Foto Pelat Nomor Khusus Anggota DPR, Bagaimana Aturannya?

Petugas melakukan pemeriksaan di check point penyekatan pertama di ruas tol Jakarta - Cikampek Km 31, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Jumat (24/4/2020). Larangan mudik mulai diberlakukan pemerintah mulai 24 April 2020 pukul 00.00 WIB untuk mencegah penyebaran Covid-19 melalui Operasi Ketupat 2020. Kendaraan pribadi baik motor atau mobil dan kendaraan umum berpenumpang dilarang keluar dari wilayah Jabodetabek.KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO Petugas melakukan pemeriksaan di check point penyekatan pertama di ruas tol Jakarta - Cikampek Km 31, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Jumat (24/4/2020). Larangan mudik mulai diberlakukan pemerintah mulai 24 April 2020 pukul 00.00 WIB untuk mencegah penyebaran Covid-19 melalui Operasi Ketupat 2020. Kendaraan pribadi baik motor atau mobil dan kendaraan umum berpenumpang dilarang keluar dari wilayah Jabodetabek.

Anggota DPR yang memanfaatkan fasilitas dengan nomor polisi tertentu tetap bisa ditilang jika melakukan kesalahan, kecuali mereka mendapat pengawalan langsung dari polisi.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, semua pengguna jalan memiliki hak sama di mata hukum.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Semua bisa ditilang, berdasarkan kewenangan masing-masing. Misalnya pelat dinas TNI oleh POM TNI, yang lainnya oleh Polri,” ujar Sambodo kepada Kompas.com, Jumat (21/5/2021).

Baca juga: Ini Jawaban Toyota Soal Inden Raize sampai Tahun Depan

Tangkapan layar pelat nomor kendaraan palsu yang viral di media sosial pada Rabu, (3/3/2021).Twitter: @Puspen_TNI Tangkapan layar pelat nomor kendaraan palsu yang viral di media sosial pada Rabu, (3/3/2021).

Sebelumnya, penggunaan pelat nomor polisi khusus bagi anggota DPR dibenarkan oleh Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni.

“Pelat nomor khusus DPR RI benar adanya. Semuanya diketahui oleh kepolisian, dan ini akan berlaku untuk semua anggota DPR RI,” ucap Sahroni, dikutip dari Nasional Kompas.com (21/5/2021).

“Sekarang yang menggunakan baru beberapa anggota dan pimpinan komisi,” kata dia.

Melihat penampakannya, pelat nomor khusus itu menggunakan lambang Dewan Perwakilan Rakyary (DPR), yakni burung garuda yang mengepakkan sayap di sebelah kiri. Tak ketinggalan ada nomor-nomor tertentu, seperti halnya milik mobil dinas TNI dan Polri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.