Ini Jawaban Toyota Soal Inden Raize sampai Tahun Depan

Kompas.com - 20/05/2021, 21:47 WIB
test drive Toyota Raize dok TAMtest drive Toyota Raize

JAKARTA, KOMPAS.com - Ramai di media sosial soal konsumen inden Toyota Raize tipe TSS pada Mei 2021, baru mendapatkan unit di tahun depan. Calon pembeli SUV kompak itu merasa di bohongi oleh diler karena secara harga akan lebih mahal, tidak dapat fasilitas diskon PPnBM lagi.

Berdasarkan penuturan tenaga penjual Toyota, SUV kompak ini harus inden beberapa bulan. Bahkan khusus varian tertingginya, yakni Toyota Raize TSS, memiliki waktu inden hampir sembilan bulan.

“Selain tipe TSS, akan di distribusikan sekitar bulan Agustus dan September. Tapi kalau untuk TSS memang inden 9 bulan,” ucap tenaga penjual Toyota di Jakarta Pusat kepada Kompas.com, Kamis (20/5/2021).

Sementara menurut Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy, waktu inden Toyota Raize untuk varian GR TSS memang jauh lebih lama dibandingkan varian lainnya.

Baca juga: Satu Minggu Meluncur, Toyota Raize Terjual 1.269 Unit

“Saya tidak bisa komentar kalau soal produksi. Tapi untuk tipe TSS ini memang demand-nya sangat tinggi,” kata Anton saat dihubungi Kompas.com, Kamis (20/5/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dimas Azka, Public Relation Manager TAM juga mengatakan demikian. Menurut dia, permintaan tipe TSS cukup tinggi dibandingkan varian lain, selain itu suplainya juga belum seimbang dengan demand sehingga terjadi antrean.

Interior Toyota RaizeKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Interior Toyota Raize

"Model baru, dapat fasilitas diskon PPnBM, ditambah permintaannya tinggi jadi indennya otomatis menjadi lama," ucap Dimas saat dihubungi.

Permintaan Raize tipe TSS menurut dia di luar dugaan, hasilnya di lapangan meskipun tipe tertinggi tapi peminatnya jauh lebih besar, dibanding varian lainnya.

"Awalnya ditargetkan penjualannya itu 5-10 persen, tetapi sekarang sudah berkontribusi 30 persen lebih," ucap Dimas.

Baca juga: Ini Fitur Raize yang Bikin Minder Rush dan Innova

Meski demikian, Toyota akan terus memenuhi permintaan konsumen dengan cara meningkatkan suplai ke diler khususnya untuk varian yang peminatnya besar agar tidak terjadi antrean yang terlalu lama.

"Sebenarnya cukup menyayangkan kondisi waktu tunggu konsumen, untuk beberapa menjadi lebih lama khususnya ditengah demand nya sangat positif. Tapi kami akan berusaha semaksimal mungkin untuk meminimalisir waktu indennya," ujar dia.

TSS merupakan varian tertinggi dari Toyota Raize. Dibanderol Rp 263,7 juta otr DKI Jakarta dan sekitarnya. Mobil ini memang sengaja dihadirkan secara khusus hanya untuk pemesanan spot order dan bukan main order.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X