Mudah, Begini Cara Setel Sendiri Rem Belakang Motor

Kompas.com - 20/05/2021, 18:01 WIB
Indikator keausan rem pada sepeda motor Indikator keausan rem pada sepeda motor
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini mayoritas sepeda motor sudah pakai model cakram di depan. Tapi masih banyak yang menggunakan model tromol untuk rem belakang.

Buat yang motornya masih pakai rem belakang tromol pasti pernah merasakan jarak main rem semakin jauh. Hal tersebut disebabkan kampas rem mulai menipis.

Baca juga: Mobil China Chery, Siap Masuk Indonesia Lagi Tahun Ini

Ciri kampas rem yang sudah tipis yaitu membuat jarak main rem belakang semakin jauh. Sehingga saat tuas rem belakang diremas, jaraknya bisa sangat dalam.

Rem jenis tromol di sepeda motorAzwar Ferdian/Otomania Rem jenis tromol di sepeda motor

Asep Suherman, Kepala Bengkel Honda, AHASS Daya Motor Cibinong, mengatakan, mengatur jarak main rem belakang motor yang masih menggunakan rem tromol tidak sulit.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Tinggal gunakan kunci ring ukuran 14 mm dan putar searah jarum jam sampai kita cek jarak main bebas remnya sesuai dengan keinginan kita," ujar Herman, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Herman menambahkan, cara mengatur jarak main bebas rem belakang juga sudah dijelaskan di buku pedoman kepemilikan kendaraan.

Baca juga: Rencana Kemenhub Akselerasi Kendaraan Listrik Berbasis Baterai

Ilustrasi rem tromol pada sepeda motorWeLoveHonda Ilustrasi rem tromol pada sepeda motor

Untuk motor Honda, menganjurkan jarak main bebas pada tuas rem belakang sekitar 1 cm sampai 2 cm. Jika lebih dari itu maka terlalu jauh atau kurang dari itu terlalu dekat.

Herman mengatajan, selain menyetel jarak main tuas rem belakang, jangan lupa juga untuk memeriksa apakah ada tanda-tanda keausan.

"Lumasi kabel rem dengan cairan pelumas untuk mencegah keausan dini atau karat. Pastikan lengan rem, pegas, dan semua pengencang dalam kondisi baik," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.