Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tidak Perlu ke Bengkel, Begini Cara Mudah Jaga Kondisi Mobil di Rumah

Kompas.com - 20/05/2021, 19:31 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Berlakunya aturan larangan mudik pada 6-17 Mei 2021, mungkin membuat mobil lebih sering berada di garasi. Apalagi pemerintah tetap memperketat perjalanan keluar kota hingga akhir Mei nanti.

Untuk menjaga kondisi mobil tetap prima, Anda harus merawat mobil sendiri. Asyiknya hal ini bisa dilakukan tanpa perlu datang ke bengkel.

Hariadi, Asst. to 4W, 2W & Marine Service Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), mengatakan, merawat mobil merupakan tanggung jawab pribadi pemilik kendaraan.

Baca juga: Jangan Lupa, Masa Berlaku SIM Bukan Berdasarkan Tanggal Lahir Lagi

Ilustrasi servis mobil di diler SuzukiDok. PT SIS Ilustrasi servis mobil di diler Suzuki

“Perawatan bertujuan untuk menjaga mobil dalam kondisi prima. Sehingga saat beraktivitas kembali, kita tidak perlu khawatir ada masalah dalam perjalanan,” ujar Hariadi, dalam keterangan resmi yang dilansir (20/5/2021).

Menurut Hariadi, Anda bisa memulainya dengan rutin membersihkan mobil. Bersihkan mobil minimal dua minggu sekali, keluarkan juga barang-barang yang tidak terpakai, agar interior tidak ada sampah.

Usai mencuci, keringkan mobil menggunakan lap yang halus agar tidak merusak cat. Kemudian hindari mencuci di tempat yang terik karena dapat merusak cat mobil.

Baca juga: Kenapa Harus Injak Rem Sebelum Menyalakan Mesin Mobil Transmisi Matik?

Kondisi parkir mobil outdoorshutterstock Kondisi parkir mobil outdoor

Selain itu, Anda juga diharuskan rutin memanaskan mobil. Tidak perlu setiap hari, cukup dua hari sekali sekitar 5-10 menit.

Seperti diketahui dengan rutin memanaskan mobil, Anda dapat sekaligus mengetahui apakah ada komponen yang bermasalah dengan memperhatikan layar MID (Multi Information Display).

Jangan lupa juga cek volume air wiper, minyak rem, kondisi ban, lampu kendaraan, dan kelengkapan surat-surat berkendara.

Baca juga: Toyota Hentikan Produksi Dua Pabrik di Jepang, 20.000 Mobil Terdampak

Ilustrasi garasi mobil.Ghulam/KompasOtomotif Ilustrasi garasi mobil.

Terakhir, Anda juga perlu membawanya berkendara sesekali agar mobil dapat melakukan pengisian aki lebih maksimal.

Aki yang berkualitas dan terawat memiliki daya simpan tenaga listrik yang lebih bak, sehingga dapat menghindari soak yang bisa merusak berbagai sistem elektronik.

Membawa mobil sesekali juga dapat menghindari terbentuknya flat spot atau deformasi ban yang disebabkan beban kendaraan terlalu lama bertumpu pada satu titik ban saat parkir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com