Masih Banyak Mobil Sipil Pakai Strobo dan Sirene Minta Jalan

Kompas.com - 19/05/2021, 15:01 WIB
Kendaraan sipil menggunakan strobo instagram.com/dashcamindonesiaKendaraan sipil menggunakan strobo

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini, masih sering ditemui di jalan raya pengemudi mobil yang menggunakan strobo atau sirene untuk sekedar bergaya.

Biasanya, pengguna strobo oleh kendaraan sipil digunakan untuk meminta jalan agar bisa melintas tanpa terkena kemacetan.

Seperti contoh video yang diunggah oleh akun Dashcam Indonesia, Rabu (19/5/2021). Dalam rekaman berdurasi 60 detik itu, terlihat romobongan Pajero dengan nopol B 1937 RJF menggunakan strobo untuk meminta jalan tanpa pengawalan dari petugas kepolisian.

Baca juga: Naik Motor Sambil Pakai Earphone, Bisa Kena Sanksi

Perlu dicatat bahwa pengguna lampu strobo dan sirene sudah diatur pada Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).

Pada Pasal 134 UU LLAJ, sudah jelas hanya ada tujuh pengguna jalan yang memiliki hak utama. Kendaraan sipil atau berpelat nomor hitam tidak termasuk dalam pengguna jalan yang memiliki hak utama.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dashcam Indonesia (@dashcamindonesia)

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo menegaskan kembali, penggunaan strobo dan sirene hanya diperuntukkan kendaraan yang sudah tercantum sesuai dengan Pasal 134.

Kendaraan itu antara lain pemeliharaan sarana dan prasarana umum, petugas kebersihan, dan petugas perbaikan jalan tol dengan warna kuning. Lalu, kendaraan dinas Polri dengan warna biru.

Maka, ketika ada kendaraan sipil menyalakan rotator biru, pengemudinya wajib ditilang.

“Sehingga, kalau ada kendaraan pelat hitam atau pelat RF yang menggunakan rotator berarti itu menyalahi UU, bisa ditilang. Kendaraan mobil dengan pelat RF bukan termasuk kendaraan yang diberi hak untuk menggunakan sirene dan rotator,” kata Sambodo dikutip dari NTMCPolri, Rabu (19/5/2021).

Kepolisian melakukan razia penyalahgunaan lampu isyarat seperti rotator, strobo dan sirine Twitter/TMCPoldaMetro Kepolisian melakukan razia penyalahgunaan lampu isyarat seperti rotator, strobo dan sirine

Aturan

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.