Dampak Buruk Motor Matik Tidak Pakai Tutup CVT

Kompas.com - 12/05/2021, 15:21 WIB
Ilustrasi skutik tidak pakai tutup CVT Dok. @agoez_bandz4Ilustrasi skutik tidak pakai tutup CVT

JAKARTA, KOMPAS.com - Skuter matik (skutik) menggunakan CVT sebagai sistem transmisinya. Bagian ini termasuk salah satu yang paling vital fungsinya.

Kepala Bengkel AHASS Cibinong dan Megamendung Asep Suherman, mengatakan, dalam komponen CVT terdapat beberapa bagian dan tutup CVVT termasuk bagian penting.

Baca juga: Apakah Aman Pasang Windshield Tambahan pada Skutik

"Selain berfungsi untuk melindungi bagian CVT dari kerikil atau debu yang diakibatkan dari faktor luar atau jalan," ujar Asep, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Agoez Bandz Official (@agoez_bandz4)

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Asep mengatakan, jika tutup CVT tidak terpasang sangat berisiko ada kerikil yang masuk ke bagian CVT yang bisa mengakibatkan kerusakan atau kecacatan pada komponen CVT.

"Selain itu, di dalam tutup CVT terdapat bagian penting, yaitu bearing blok CVT yang terlihat sepele padahal fungsinya sangat mempengaruhi," kata Asep.

Baca juga: Ini Akibat Jika Lalai Ganti Oli Gardan Skutik

Asep menjelaskan, fungsi bearing blok sebagai penstabil atau untuk menahan keolengan dari poros belakang atau as gardan CVT, di mana keolengan tersebut diakibatkan gaya sentrifugal.

"Menurut analisa dan logika, jika tutup CVT tidak terpasang, maka keolengan dari CVT akan timbul. Sehingga, bisa mengakibatkan kerusakan pada komponen CVT, khususnya di bagian-bagian gardan," ujar Asep.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.