Salin Artikel

Dampak Buruk Motor Matik Tidak Pakai Tutup CVT

JAKARTA, KOMPAS.com - Skuter matik (skutik) menggunakan CVT sebagai sistem transmisinya. Bagian ini termasuk salah satu yang paling vital fungsinya.

Kepala Bengkel AHASS Cibinong dan Megamendung Asep Suherman, mengatakan, dalam komponen CVT terdapat beberapa bagian dan tutup CVVT termasuk bagian penting.

"Selain berfungsi untuk melindungi bagian CVT dari kerikil atau debu yang diakibatkan dari faktor luar atau jalan," ujar Asep, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

"Selain itu, di dalam tutup CVT terdapat bagian penting, yaitu bearing blok CVT yang terlihat sepele padahal fungsinya sangat mempengaruhi," kata Asep.

Asep menjelaskan, fungsi bearing blok sebagai penstabil atau untuk menahan keolengan dari poros belakang atau as gardan CVT, di mana keolengan tersebut diakibatkan gaya sentrifugal.

"Menurut analisa dan logika, jika tutup CVT tidak terpasang, maka keolengan dari CVT akan timbul. Sehingga, bisa mengakibatkan kerusakan pada komponen CVT, khususnya di bagian-bagian gardan," ujar Asep.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/05/12/152100015/dampak-buruk-motor-matik-tidak-pakai-tutup-cvt

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.