Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Aman Pasang Windshield Tambahan pada Skutik

Kompas.com - 11/05/2021, 09:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Skuter matik (skutik) di atas 150 cc biasanya ada yang sudah menggunakan windshield sebagai pelengkap standar. Windshield berfungsi untuk mencegah angin langsung mengenai pengendara motor.

Selain itu, adanya windshield membuat tampilan skutik menjadi gagah dan siap untuk touring atau perjalanan jauh. Oleh karena itu, produsen aksesori juga turut menyediakan windshield tambahan untuk skutik lain.

Biasanya pemasangan windshield tambahan ini memakai bracket, karena bawaan motornya tidak dibuat untuk memakai windshield. Lalu, apakah memasang windshield tambahan ini aman untuk dilakukan?

Baca juga: Jangan Panik Saat Mengalami Rem Blong, Begini Cara Antisipasinya

macam windshieldKompas.com/Fathan Radityasani macam windshield

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, memasang windshield memang kerap dilakukan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tetap memenuhi aspek keselamatan.

“Pemasangan windshield tersebut selama tidak mengganggu pandangan dan manuver pengendara serta dipasang dengan bracket yang kuat maka masih aman-aman saja,” ucap Agus kepada Kompas.com belum lama ini.

Memasang windshield juga ada kekurangannya, yakni akselerasi bisa sedikit tertahan. Mengingat motor yang dari pabrik sudah didesain aerodinamis, ketika ditambah windshield jadi ada penghalang angin untuk melintas.

Baca juga: Catat Ini Waktu Dispensasi Bayar Pajak Kendaraan

Windshield Yamaha NMAXdok.ARM Motor Windshield Yamaha NMAX

“Sebaiknya jika ingin menambah windshield usahakan jangan terlalu tinggi agar angin tidak tertahan saat berkendara. Jika terlalu tinggi juga berisiko ketika ada angin kencang atau lewat di atas flyover,” kata Agus.

Terakhir, mengenai bracket juga tidak bisa sembarangan, harus terpasang dengan kuat. Jangan sampai ketika windshield terkena angin kencang malah terlepas dan membahayakan diri sendiri dan orang lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com