Bus Baru PO Sudiro Tungga Jaya Kelar Dirombak di Karoseri New Armada

Kompas.com - 12/05/2021, 07:42 WIB
Bus AKAP baru PO Sudiro Tungga Jaya DOK. NEW ARMADABus AKAP baru PO Sudiro Tungga Jaya

JAKARTA, KOMPAS.com – Menjelang lebaran 2021, Perusahaan Otobus (PO) asal Maospati, Jawa Timur, Sudiro Tungga Jaya (PO STJ) baru saja merilis satu unit bus baru. Bus barunya kali ini dirilis dari karoseri New Armada.

Berbeda dengan bus baru yang dirilis dari karoseri Laksana sebelumnya, bus PO STJ dari karoseri New Armada tidak sepenuhnya baru. Pasalnya, bus ini merupakan salah satu dari tiga kendaraan yang dibeli bekas dari PO Borlindo di Sulawesi.

Bodi bus yang digunakan adalah Evolander SHD yang dipasang ke sasis Scania K410iB. PO Borlindo memiliki bus ini sejak tahun 2017 dan menjadi Evolander SHD pertama. Sekitar bulan Februari 2021, ketiga bus ini dibeli oleh PO STJ dan dibawa ke Pulau Jawa.

Baca juga: Kepala Mekanik Baru, Rossi Jadi Tak Paham Setting Motornya

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by New Armada (@new_armada_jatibaru)

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Perlu diketahui, ada beberapa perbedaan antara bus AKAP yang beroperasi di Pulau Sulawesi dan Jawa. Misalnya, bus AKAP di Sulawesi kebanyakan tidak memiliki fasilitas toilet, sedangkan di Jawa, toilet kerap digunakan sebagai fitur bus mulai dari kelas VIP.

Sales Executive New Armada Jatibaru Gerry Adrian mengatakan, ada beberapa ubahan yang dilakukan pada bus milik PO STJ, baik bagian eksterior dan interior.

“Bagian eksterior yaitu repaint. Sedangkan di kabin ada tambahan sekat depan dan toilet di pintu tengah,” kata Gerry kepada Kompas.com, Selasa (11/5/2021).

Baca juga: Arogansi Pengemudi Lamborghini di Kompleks Perumahan Jelang Dini Hari

Bus AKAP baru PO Sudiro Tungga JayaDOK. NEW ARMADA Bus AKAP baru PO Sudiro Tungga Jaya

Sekat tambahan di depan tentunya bisa menjadi smoking room bagi pengemudi, kru, maupun penumpang. Dengan adanya sekat, asap tidak masuk ke bagian kabin penumpang.

“Kalau kursi masih pakai bawaan PO Borlindo, mungkin nanti disusun lagi di garasinya PO STJ,” ucap Gerry.

Untuk bagian eksterior, bus baru ini dikelir dengan warna hitam dan aksen kuning. Selain itu ada sentuhan striping berwarna kuning dan abu-abu di bagian depan, membuat tampilan bus makin sporty.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.