Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus Baru PO Sudiro Tungga Jaya Kelar Dirombak di Karoseri New Armada

Kompas.com - 12/05/2021, 07:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Menjelang lebaran 2021, Perusahaan Otobus (PO) asal Maospati, Jawa Timur, Sudiro Tungga Jaya (PO STJ) baru saja merilis satu unit bus baru. Bus barunya kali ini dirilis dari karoseri New Armada.

Berbeda dengan bus baru yang dirilis dari karoseri Laksana sebelumnya, bus PO STJ dari karoseri New Armada tidak sepenuhnya baru. Pasalnya, bus ini merupakan salah satu dari tiga kendaraan yang dibeli bekas dari PO Borlindo di Sulawesi.

Bodi bus yang digunakan adalah Evolander SHD yang dipasang ke sasis Scania K410iB. PO Borlindo memiliki bus ini sejak tahun 2017 dan menjadi Evolander SHD pertama. Sekitar bulan Februari 2021, ketiga bus ini dibeli oleh PO STJ dan dibawa ke Pulau Jawa.

Baca juga: Kepala Mekanik Baru, Rossi Jadi Tak Paham Setting Motornya

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by New Armada (@new_armada_jatibaru)

 

Perlu diketahui, ada beberapa perbedaan antara bus AKAP yang beroperasi di Pulau Sulawesi dan Jawa. Misalnya, bus AKAP di Sulawesi kebanyakan tidak memiliki fasilitas toilet, sedangkan di Jawa, toilet kerap digunakan sebagai fitur bus mulai dari kelas VIP.

Sales Executive New Armada Jatibaru Gerry Adrian mengatakan, ada beberapa ubahan yang dilakukan pada bus milik PO STJ, baik bagian eksterior dan interior.

“Bagian eksterior yaitu repaint. Sedangkan di kabin ada tambahan sekat depan dan toilet di pintu tengah,” kata Gerry kepada Kompas.com, Selasa (11/5/2021).

Baca juga: Arogansi Pengemudi Lamborghini di Kompleks Perumahan Jelang Dini Hari

Bus AKAP baru PO Sudiro Tungga JayaDOK. NEW ARMADA Bus AKAP baru PO Sudiro Tungga Jaya

Sekat tambahan di depan tentunya bisa menjadi smoking room bagi pengemudi, kru, maupun penumpang. Dengan adanya sekat, asap tidak masuk ke bagian kabin penumpang.

“Kalau kursi masih pakai bawaan PO Borlindo, mungkin nanti disusun lagi di garasinya PO STJ,” ucap Gerry.

Untuk bagian eksterior, bus baru ini dikelir dengan warna hitam dan aksen kuning. Selain itu ada sentuhan striping berwarna kuning dan abu-abu di bagian depan, membuat tampilan bus makin sporty.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com