Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pentingnya Redam Emosi Saat Berkendara

Kompas.com - 12/05/2021, 15:12 WIB
M. Adika Faris Ihsan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

DENPASAR, KOMPAS.com - Belum lama ini beredar di media sosial video yang memperlihatkan dua pengendara sepeda motor baku hantam di atas kendaraannya.

Keduanya berkelahi di tengah persimpangan sehingga menyebabkan arus lalu lintas menjadi tersendat. Dari keterangan yang ditulis pengunggah video, Akun Facebook Kadek Apriada pada Rabu (12/5/2021), peristiwa tersebut terjadi di Jalan Kenyeri, Denpasar.

Belum diketahui penyebab pasti kedua pengendara sepeda motor tersebut berkelahi di tengah persimpangan. Namun yang jelas, keduanya tidak mampu meredam emosi saat sedang berkendara.

Baca juga: Siap-siap, Banderol Daihatsu Rocky Bakal Lebih Mahal Bulan Depan

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia mengingatkan para pengemudi untuk selalu meredam dan menjaga emosi agar terhindar dari perilaku agresif kepada pengguna jalan lain.

“Setiap berkendara pasti melibatkan emosi sekecil apapun, itulah pentingnya saling menjaga toleransi dan mengalah kepada sesama pengguna jalan,” kata Sony saat dihubungi Kompas.com beberapa waktu lalu.

Hal pertama yang bisa dilakukan pengendara agar tidak emosi saat di jalan yaitu melakukan manajemen waktu yang baik. Berkendara terburu-buru secara psikologis akan membuat pengemudi lebih mudah emosi, terlebih jika jalan yang dilalui terhambat.

Baca juga: Bus Baru PO Sudiro Tungga Jaya, Pakai Legacy SR2 XHD Prime

“Berangkat lebih awal membuat emosi lebih stabil, lebih tenang. Sebab kondisi macet pasti membuat stres,” ungkap Sony.

Selanjutnya, pastikan untuk tidak membuat berbagai masalah sebelum atau saat berkendara. Hal ini dilakukan agar pengendara tetap fokus di jalan. Menghindari provokasi dari pengendara lain juga penting untuk menjaga emosi.

Kemudian, selalu upayakan untuk berpikir positif saat mengemudi. Terakhir, selalu patuhi peraturan lalu lintas dan tertib selama berkendara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com